Samarinda (ANTARA) - Grup Band lokal asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur yakni D.A.F Band berhasil menjadi juara karya cipta terbaik pada pergelaran Lomba Aksi Musik Anak Bangsa Tema "Damai Kita Harmoni Indonesia" yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI.

Band bergenre Rock ini beranggotakan tiga personil yakni Dodi vocal dan guitar, Arif bassis dan Feby drummer, akhirnya berhasil menjadi yang terbaik menyingkirkan 502 peserta dari 34 Provinsi se Indonesia.

Kilas balik cerita awal mula D.A.F Band mendapatkan penghargaan tersebut diawali dengan mengikuti salah satu event pada bulan lalu dan diikuti oleh regional masing-masing provinsi.

"Saat lomba di Kaltim kami disuruh membawakan lagu ciptaannya Kepala Badan Nasional Penanggulangan terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar yang berjudul "Salam Indonesia Harmoni" secara cover lagu untuk penentuan tiga besar. Kami bersyukur bisa meraih tiga besar untuk meraih tiket di tingkat nasional," ucap Dodi Juniansyah salah satu personel D.A.F Band di Samarinda, Jumat.

Dodi menceritakan, yang dilombakan dan dikompetisikan adalah meng-upload video klip lagu dari Kepala BNPT 'Salam Indonesia Harmoni' dan lagu kedua merupakan karya Cipta Band D.A.F sendiri yang berjudul 'Bangsa Pemenang'.

"Itu yang dilombakan dan dikompetisikan yang output-nya itu satu lagu Cover terbaiknya, kedua lagu Karya Ciptanya dan yang ketiga Video terbaiknya. Video clip yang di upload tersebut dijadikan satu yang kami submit ke kompetisi lomba sehingga kami kebagian nominasi Karya Cipta Terbaiknya," terang Dodi.

Bagi dodi setelah meraih penghargaan BNPT, D.A.F Band bisa dikenal secara meluas di kancah nasional.

"Kami sudah sering mengikuti berbagai lomba untuk, baik tingkat lokal, regional, bahkan ada juga lomba nasional yang kami ikuti seperti lomba yang diadakan PT. Pindad Bandung. Waktu itu kami dapat juara 3 pada waktu itu se-nasional juga. Yang terakhir jadi juara satu di BNPT," beber Dodi.

Dodi mengakui sempat tidak percaya diri saat tampil di lomba tersebut, mengingat rata rata peserta merupakan penyanyi solo dan hanya D.A.F Band saja yang formatnya Band.

Usaha dari penampilan terbaik yang dilakukan D.A.F Band ini menghasilkan masuk tiga besar yang disebut juara satu regional. Penerimaan penghargaan itu pun dihadiri oleh wakil gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

" Waktu itu sebutannya juga juara satu di regional. Dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi sampai dapat tambahan hadiah pula," jelas Dodi.

Lanjut ke videoclip, dodi juga sempat pesimis mengingat dia kurang begitu piawai dalam membuat video clip, baginya mungkin yang akan keluar jadi juara orang yang memiliki jiwa Entertaiment.

"Kami bersyukur bisa melalui semuanya, dan yang membuat kami bangga dengan musik rock pun kami bisa tembus dan juara ,"tutupnya.

Baca juga: "So Much Fun" kompilasi indiepop Lokal diaransemen musisi mancanegara

Baca juga: Band lokal NTT luncurkan album ketiga setelah vakum sembilan tahun

Baca juga: Tiga band lokal buka penampilan Franz Ferdinand di Jakarta

Pewarta: Arumanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022