Ingin lihat pantainya seperti apa
Jakarta (ANTARA) - Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara dapat menjadi salah satu pilihan lokasi menikmati liburan, khususnya bagi warga ibu kota, termasuk saat Tahun Baru 2023 ini tanpa harus mengeluarkan biaya.

Di area ini ada sejumlah titik yang dapat dimanfaatkan masyarakat baik untuk sekedar mengambil swafoto hingga berolahraga.

Pantai Pasir Putih PIK 2 salah satunya. Pantai ini sebenarnya sudah masuk wilayah Dadap, Banten tetapi terletak sekitar tujuh kilometer dari halte TransJakarta Pantai Maju, Jakarta Utara.
 
Suasana area Pantai Pasir Putih, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Dadap, Banten pada Minggu (1/1/2023). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/am.


Baca juga: TMII jadi altenatif wisata dengan budget terjangkau warga Jakarta

Seperti namanya, area ini menyuguhkan hamparan pasir putih dan bisa menjadi pilihan untuk bersantai bersama pasangan atau keluarga.

Hanya saja, saat ini pengelola masih menutup kawasan pantai hingga batas waktu yang belum dipastikan. Pengunjung yang sudah terlanjur datang masih bisa sekadar mengambil swafoto di area pasir putih namun dibatasi pembatas.

Via, salah satunya. Wanita berhijab asal Tangerang itu semula tak tahu perihal penutupan pantai. Dia sudah terlanjur datang bersama ibunya, Sri, dan adik-adiknya. Alhasil, Via hanya mengambil foto dan menikmati pantai dari sisi luar pembatas.

Setali tiga uang dengan Via, Imam asal Jembatan Lima, Jakarta Barat juga tak tahu tentang penutupan area pantai. Padahal ini kali pertama dia berkunjung ke Pantai Pasir Putih.

"Ingin lihat pantainya seperti apa. Ini pertama kali ke sini," tutur dia.
 
Pengunjung memadati Pantjoran PIK, Jakarta Utara, pada Minggu (1/1/2023). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/am.


Baca juga: Pemkot Jakbar libatkan pegiat medsos dan pelajar untuk promosi wisata

Bergeser dari Pantai Pasir Putih, ada Pantjoran PIK. Kawasan bernuansa Tionghoa itu berlokasi sekitar empat kilometer dari pantai dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai hidangan Tionghoa hingga berfoto di lokasi-lokasi yang Instagramabble tanpa dipungut biaya. Pada Minggu ini, digelar pertunjukan Barongsai. 

 
Pertunjukan Barongsai di Pantjoran PIK, Jakarta Utara, pada Minggu (1/1/2023). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/am.


Sekitar 500 meter dari Pantjoran PIK, ada salah satu area Pokemon Festival Jakarta. Para pecinta Pokemon dapat memuaskan hasrat untuk berbelanja dan bertemu dengan karakter-karakter kesukaan mereka di sejumlah tempat.

Para pemain Pokemon Go juga bisa puas bermain karena ada banyak Pokestop yang telah ditambahkan di PIK. Pokestop adalah sebuah perhentian virtual yang saat diputar akan memberikan barang-barang gratis yang dibutuhkan pemain, termasuk Pokeball yang berfungsi menangkap monster. Festival ini berlangsung hingga 8 Januari 2023.

Baca juga: Dinas Parekraf DKI dukung platform transportasi daring jelajahi wisata

Selain di Pantjoran PIK, area Pokemon Festival Jakarta juga terdapat di Cove at Batavia dan Urban Farm yang menawarkan tipe monster berbeda di setiap tempat.

Tak hanya soal Pokemon, pengunjung juga dapat menyewa skuter dan sepeda untuk sekedar berjalan-jalan.

 
Salah satu area Pokemon Festival Jakarta yakni di Pantjoran PIK, Jakarta Utara, pada Minggu (1/1/2023). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/am.


Kemudian, sekitar 1,4 km dari Pantjoran PIK ada Pantai Maju yang tak lain area berfoto, jogging hingga bersepeda. Tersedia jalur selebar empat meter yang terbagi dua ruas untuk memisahkan pejalan kaki dan pesepeda. Berbagai jenis vegetasi ditanam di sepanjang separator jalur.

Pengelola menyediakan fasilitas mushola, toilet hingga tempat makan bagi pengujung. Kawasan ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB (Senin - Kamis) dan 24.00 WIB (Jumat - Minggu).

Suasana Pantai Maju di PIK, Jakarta Utara, pada Minggu (1/1/2023). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/am.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023