Untuk jalan nasional maupun jalur wisata landai
Garut (ANTARA) - Arus lalu lintas kendaraan di jalur utama maupun objek wisata di Kabupaten Garut, Jawa Barat, ramai lancar saat hari libur Tahun Baru 2023 meski begitu aparat kepolisian tetap siaga melakukan pengamanan di sejumlah titik di Garut, Minggu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKBP Undang Syarif Hidayat membenarkan arus lalu lintas saat hari pertama tahun 2023 terkendali dan lancar di jalur nasional maupun jalur wisata.

"Untuk jalan nasional maupun jalur wisata landai," kata Undang.

Ia menyampaikan jajarannya telah disiagakan untuk melakukan pengamanan arus kendaraan di jalur utama Garut.

Jika terjadi kepadatan arus kendaraan, kata dia, maka jajarannya langsung memberlakukan sistem satu arah dengan prioritas dari Garut menuju Bandung.

"Tadi sebentar (satu arah), prioritas ke arah Bandung, sekarang sudah selesai," katanya.

Baca juga: Taman satwa di Garut jadi pilihan wisatawan pada libur tahun baru

Baca juga: Polres Garut berlakukan bebas kendaraan bermotor saat malam tahun baru


Terkait perkiraan akan terjadi lonjakan arus kendaraan dari Garut menuju Bandung pada malam hari, kata Undang, jajarannya sudah siap, dan diharapkan kondisi arus lalu lintas tetap landai.

"Semoga tetap landai," kata Undang.

Seorang pengguna jalan Hendi (50) mengatakan jalur utama Garut-Bandung mulai dari kawasan Tarogong sampai Leles cukup ramai dilintasi kendaraan roda dua maupun empat.

Selain itu, kata dia, saat memasuki jalur wisata di Leles juga tidak terjadi kemacetan, arus lalu lintas kendaraan lancar seperti halnya menuju objek wisata Taman Satwa Cikembulan.

"Di jalan ramai, untuk jalur ke tempat wisata lancar," kata Hendi warga Garut yang hendak berwisata ke Taman Satwan Cikembulan, Garut.

Hari pertama tahun baru di Garut, sejumlah ruas jalan terpantau ramai oleh kendaraan roda dua maupun empat dengan berbagai plat nomor polisi dari luar kota maupun daerah Garut.

Wilayah Garut merupakan daerah tujuan wisata, berbatasan dengan Bandung, dan sebagai daerah perlintasan menuju Tasikmalaya maupun daerah lain di Jawa Barat.

Baca juga: Polisi tutup jalur wisata menuju Puncak Darajat di Garut

Baca juga: Jalur Garut mulai ramai dilintasi kendaraan jelang libur Natal


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023