Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, mencatat lonjakan kedatangan arus balik penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) usai libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Kepala Terminal Pulo Gebang Bernad Pasaribu mengatakan bahwa pihaknya mencatat ada sebanyak 1.122 penumpang yang datang dari berbagai daerah pada Minggu (1/1).

Baca juga: Puncak arus balik di Pulo Gebang diprediksi 2-3 Januari 2023

"Jumlah kedatangan penumpang ada 1.122 dengan total 122 bus," kata Bernad Pasaribu di Jakarta, Senin.

Bernad menambahkan untuk Senin hingga pukul 07.00 WIB tercatat sebanyak 1.130 penumpang bus AKAP tiba di Terminal Pulo Gebang.

Para penumpang tersebut memilih pulang pada hari Minggu (1/1) karena sebagian perkantoran sudah mulai masuk kerja.

Dia mengatakan kedatangan penumpang di Terminal Pulo Gebang itu kebanyakan berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga Padang untuk wilayah Sumatera.

"Iya untuk puncak arus baliknya diperkirakan kemarin," ujar Bernad.

Baca juga: 705 penumpang berangkat dari Pulo Gebang pada H-1 Tahun Baru 2023

Bernad menuturkan untuk keberangkatan penumpang bus AKAP dari Terminal Pulo Gebang sudah sedikit berkurang yang berada di angka 1.500 penumpang.

Selama libur Natal dan Tahun Baru, pengelola Terminal Pulo Gebang bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban seperti dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BNPB dan Pramuka.

Pengelola Terminal Pulo Gebang juga masih menyiagakan posko terpadu untuk melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru hingga 3 Januari 2022.

"Untuk posko Nataru masih disiagakan sampai tanggal 3 Januari," tutur Bernad.

Baca juga: Pengelola Terminal Pulo Gebang syaratkan bus tahun baru laik jalan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2023