agar lahan yang ada di lokasi tersebut tidak kembali longsor
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memasang gabion di sepanjang lokasi longsor Kali Angke di Jalan H Jafar, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

"Gabion itu dibangun agar lahan yang ada di lokasi tersebut tidak kembali longsor. Kita sudah koordinasi dengan PPSU dan Sudin SDA. Jadi akan dibangun di sepanjang kali itu," kata Camat Kembangan, Joko Suparno, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Gabion merupakan pondasi berbahan dasar bebatuan yang berguna untuk menahan tanah agar tidak terjadi longsor.

Gabion setinggi lima meter tersebut, lanjut Joko, akan dipasang di sepanjang aliran kali. "Kita pasang dan diperkirakan sepanjang 23 meter," kata dia.

Baca juga: BPBD DKI minta RT/RW laporkan potensi rawan longsor

Pemasangan gabion tersebut akan memakan waktu dua pekan dan diperkirakan akan rampung pada pertengahan Januari ini.

Selama proses pembangunan gabion, pihaknya menggunakan tanggul berbahan dasar kayu untuk menahan tanah untuk sementara waktu.

Joko belum merinci anggaran untuk pembangunan gabion tersebut, tetapi dia hanya menyebut sumber anggarannya dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), Pemkot Jakbar.

Longsor tersebut terjadi pada Minggu (1/12) sekitar pukul 17.00 WIB.

Perwira Piket BPBD DKI Jakarta sektor Jakarta Barat Edy Santoso menduga robohnya tanah tersebut diduga karena terkikis air yang mengalir deras di Kali Angke.

Baca juga: Petugas gabungan Jakarta Selatan tangani turap longsor di Bukit Duri

Karena kikisan tersebut, tanahnya pun longsor dan bangunan yang ada di atasnya ambruk.

Meski demikian, Edy memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. "Tidak ada korban jiwa, hanya dapur yang ambruk atau roboh," katanya. 
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023