Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Jumat (13/1), mulai dari Ketua KPU bantah Mahfud MD intervensi lolos kan parpol tertentu, hingga Dave Laksono: Ridwan Kamil telah masuk Golkar lewat Kosgoro 1957.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA:

Ketua KPU bantah Mahfud MD intervensi loloskan parpol tertentu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari membantah dugaan adanya intervensi dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD kepada KPU untuk meloloskan partai politik (parpol) tertentu sebagai peserta Pemilu 2024.

Selengkapnya baca di sini.

PKB harapkan "Ijtima" Ulama Nusantara keluarkan fatwa haram politik uang

Partai Kebangkitan Bangsa mengharapkan Ijtima Ulama Nusantara dapat mengeluarkan fatwa haram untuk tindakan politik uang pada Pemilihan Umum 2024.

"Larangan politik uang, mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah terkena politik uang, artinya mengeluarkan fatwa haram," kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar dalam kegiatan Ijtima Ulama Nusantara di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi tinjau kesiapan JCC gelar KTT ASEAN 2023

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat meninjau Jakarta Convention Center (JCC) di Senayan, Jakarta, yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Seturut keterangan yang diterima di Jakarta, Presiden tiba di JCC sekitar pukul 14.00 WIB didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan langsung meninjau area luar balai sidang tersebut.

Selengkapnya baca di sini.

I2 nobatkan Gibran politisi muda terpegah dan tervokal 2022

Sebuah perusahaan intelijen media Indonesia Indicator (I2) menobatkan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai politisi muda terpegah (terpopuler) dan tervokal (paling berpengaruh) tahun 2022.

Direktur Komunikasi I2 Rusika Herlambang di Jakarta, Jumat, mengatakan Gibran menempati daftar teratas, baik dari ekspos pemberitaan maupun jumlah pernyataan yang dikutip media.

Selengkapnya baca di sini.

Dave Laksono: Ridwan Kamil telah masuk Golkar lewat Kosgoro 1957

Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Dave Laksono mengatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah menjadi kader Partai Golkar lewat organisasi kemasyarakatan pendiri Partai Golkar tersebut.

"Sudah masuk Golkar lewat Kosgoro, tinggal sekarang masalah penempatan beliau dan nanti akan diumumkan pada waktunya oleh ketua," kata Dave, di Kantor PPK Kosgoro 1957, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023