Pak Presiden Jokowi menyampaikan arahan sangat jelas. Setelah mendengar arahan Presiden Jokowi, kami optimistis tahun 2023 hanya boleh menjadi lebih baik bagi industri keuangan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Budi Tampubolon berkomitmen akan lebih banyak menghimpun dana investasi jangka panjang sehingga bisa turut mensukseskan program pemerintah untuk membangun infrastruktur.
 

"Kami sampaikan ke Presiden Jokowi bahwa industri asuransi jiwa terus berkomitmen mendukung, menjaga, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," katanya usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Jakarta, Senin.
  Adapun seluruh industri asuransi jiwa Indonesia telah bertumbuh dengan total dana kelolaan aset mencapai lebih dari Rp600 triliun pada 2022 dimana sekitar Rp325 triliun diinvestasikan dalam bentuk investasi jangka panjang.

  Setiap tahun industri asuransi jiwa rata-rata membayar klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp150 triliun kepada 8 juta tertanggung dari total 83 juta masyarakat Indonesia yang tertanggung asuransi.

  "Dengan adanya Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) yang baru disahkan, kami sampaikan industri asuransi semakin bertumbuh ke depan mengingat beberapa hal sudah diatur dalam UU P2SK sehingga akan semakin banyak lagi masyarakat Indonesia yang punya proteksi asuransi," katanya.

  Selain itu, dengan undang-undang tersebut, masyarakat Indonesia juga diharapkan memiliki perencanaan keuangan.

  Hal itu diharapkan dapat membangun generasi emas menuju Indonesia Emas pada 2045.

  "Pak Presiden Jokowi menyampaikan arahan sangat jelas. Setelah mendengar arahan Presiden Jokowi, kami optimistis tahun 2023 hanya boleh menjadi lebih baik bagi industri keuangan," katanya.

Baca juga: Perusahaan asuransi harus perkuat manajemen risiko agar bertahan 2023

Baca juga: AAJI: Asuransi jiwa taruh Rp538,81 triliun aset di instrumen investasi


Baca juga: AAJI: Unit link dominasi 57,7 persen pendapatan industri asuransi jiwa

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023