Alhamdulillah karena memang di Thailand ini diselenggarakan festival payung, dan informasi dari Kemenparekraf ini ada PT bergerak di bidang itu, mereka di Tasik,....
Tasikmalaya (ANTARA) - Produk kerajinan khas Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, payung geulis mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia mengikuti Borsang Umbrella Festival Thailand pada 20 - 24 Januari 2023.

Sekretaris Daerah Pemkot Tasikmalaya Ivan Dicksan di Tasikmalaya, Senin, membenarkan ada undangan kegiatan bagi pelaku usaha industri kerajinan payung geulis untuk mengikuti festival payung internasional di Thailand.

"Alhamdulillah karena memang di Thailand ini diselenggarakan festival payung, dan informasi dari Kemenparekraf ini ada PT bergerak di bidang itu, mereka di Tasik, di Kawalu, mereka membuat payung geulis," kata Ivan.

Baca juga: Pelaku bisnis Indonesia ungkap tantangan masuki pasar Jepang

Ia menuturkan industri kerajinan payung geulis dari Tasikmalaya itu yakni PT Sateja Eco Industri yang selama ini menekuni produk payung hiasan dari bambu dan memiliki keunikan lukisan.

Ia mengapresiasi pelaku usaha payung geulis yang telah berupaya mengenalkan produk khas Tasikmalaya ke tingkat internasional melalui kegiatan festival payung yang diselenggarakan di Thailand.

"Kami apresiasi, karena inisiatif mereka sendiri bagaimana mereka ingin memasarkan, ingin mengenalkan payung geulis ini ke tingkat internasional, khususnya pada saat festival yang akan diselenggarakan di Thailand pada tanggal 20 sampai 24 (Januari 2023," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkot Tasikmalaya mendukung keikutsertaan perajin payung geulis dari Tasikmalaya dalam festival di Thailand yang diharapkan bisa mengenalkan produk daerah Tasikmalaya ke pasar mancanegara.

"Kami sangat apresiasi, sangat mendukung, mudah-mudahan berhasil membawa misi untuk mengenalkan payung geulis, karena ini desain payungnya dari bambu," kata Ivan.

Komisaris PT Sateja Eco Industri, Okto Handoko Indratama menyatakan, pihaknya sebagai salah satu industri yang mewadahi payung geulis di Tasikmalaya.

Ia menyampaikan payung yang menjadi ciri khas Kota Tasikmalaya itu lebih mengunggulkan kecantikan desainnya, bahan dari bambu, dan terutama terdapat lukisan yang dibuat langsung secara natural, termasuk dalam acara festival nanti di Thailand, kata dia, dari Kota Tasikmalaya memamerkan Payung Geulis dengan ciri khasnya memiliki lukisan unik yang dilukis oleh pengrajinnya.

"Saat ini kami datang ke Thailand kalau orang lihat payung geulis, ya payung cantik, ya lebih ke arah lukisannya gitu, yang tradisional," katanya.

Baca juga: Ganara Art bangkitkan minat seni masyarakat lewat Art For Everyone

Ia berharap payung geulis ini semakin dikenal, kemudian menjadi barang unik dengan nilai jual tinggi, dan bisa meningkatkan produksi karena permintaan pasar yang tinggi setelah mengikuti acara tingkat internasional di Thailand.

"Dengan 'event' di Thailand ini harapannya bisa membawa payung ini dikenal di dunia, dan para pengrajinnya akan sejahtera," katanya.



 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023