Yogyakarta (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyebutkan bahwa prajurit TNI harus terus berperan aktif sesuai dengan tugas pokok yang diatur dalam undang-undang.

"TNI sebagai alat utama pertahanan negara harus terus hadir untuk berperan aktif sesuai dengan fungsi dan tugas pokok TNI yang telah diamanatkan undang-undang," kata Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Frando L.H. Marpaung pada upacara bendera di Lapangan Jupiter, Wingdik 100/Terbang, Lanud Adisutjipto, Selasa.

Dalam pesan tertulis Lanud Adisutjipto, Panglima TNI dalam amanatnya juga mengatakan, sebagai garda terdepan dan benteng terakhir NKRI, TNI harus mampu membantu kesulitan dan permasalahan yang dihadapi bangsa.

"Sesuai visi saya sebagai Panglima TNI, TNI harus mampu menjadi patriot, yakni Prajurit TNI Profesional, modern dan tangguh, TNI kuat, rakyat bermartabat," katanya.

Panglima TNI juga memberikan penekanan sebagai perintah harian kepada seluruh prajurit TNI di Tanah Air, agar pengabdian prajurit TNI kepada NKRI dilandasi rasa tulus ikhlas yang didasari keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, Panglima TNI juga meminta agar prajurit TNI selalu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), mempertajam naluri tempur, dan kemampuan operasi gabungan.

Selanjutnya Panglima TNI juga meminta TNI sebagai pengayom dan membantu kesulitan rakyat guna memberikan rasa aman dari segala bentuk ancaman.

"TNI harus tegas, namun tetap harus humanis dan disegani," kata Kadispers Lanud Adisutjipto menutup amanat Panglima TNI.

Upacara bendera di Lanud Adisutjipto Yogyakarta tersebut dihadiri para pejabat, perwira, Bintara Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Lanud Adisutjipto serta segenap siswa Sekbang (Sekolah Penerbang).

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023