Kunjungan Danguspurla Koarmada II ini untuk melihat persiapan pelabuhan di Makassar selaku tuan rumah MNE Komodo ke-4.
Makassar (ANTARA) - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo melakukan kunjungan ke Pelabuhan Makassar terkait penunjukan Kota Makassar tuan rumah Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-4 Tahun 2023 yang dijadwalkan pada Juni 2023.

"Kunjungan Danguspurla Koarmada II ini untuk melihat persiapan pelabuhan di Makassar selaku tuan rumah MNE Komodo ke-4 Tahun 2023," kata Division Head Teknik Pelindo Regional 4 Debby Duakaju bersama Deputy General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Ichdinas Efendy, di Kantor Pelindo Regional 4, Makassar, Selasa.

Deby mengatakan, kegiatan latihan bersama multilateral ini akan mengundang ratusan peserta angkatan laut dari negara-negara sahabat dengan materi latihan nonwar-fighting.

Menurut dia, kegiatan MNE Komodo ke-4 Tahun 2023 adalah implementasi dari tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam bidang diplomasi dan militer, yaitu dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bersama dengan angkatan laut negara sahabat dalam aksi penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan, serta ancaman bersama aspek maritim.

Tak hanya itu, latihan bersama ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan menyiapkan kerangka kerja sama dalam menghadapi situasi krisis dalam bidang keamanan maritim dan HA/DR TNI AL.

Danguspurla Koarmada II menuturkan, MNE Komodo yang pertama diselenggarakan di Batam, lalu Padang dan Riau.

Tahun ini pihaknya memilih Selat Makassar karena memiliki perairan yang luas dan cukup bagus untuk dijadikan simulasi latihan. Kegiatan ini juga melibatkan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan komunitas maritim.

Division Head Teknik Pelindo Regional 4 Debby Duakaju mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan dan siap bekerja sama selama agenda MNE Komodo ke-4 berlangsung di Kota Makassar.

“Untuk menunjang kelancaran kegiatan MNE Komodo ke-4 direncanakan menggunakan sisi selatan Dermaga Hatta di TPK New Makassar I sepanjang 90 meter, di mana dermaga tersebut akan disterilkan selama kegiatan berlangsung,” kata Debby.

Selama lima hari kegiatan berlangsung, yaitu dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2023 mendatang, dipastikan juga kegiatan operasional di TPK New Makassar I tidak akan terganggu karena akan menggunakan gate 4 sebagai akses keluar masuk.

“Intinya Pelindo akan mendukung kegiatan MNE Komodo ke-4 yang akan berlangsung di Kota Makassar nanti,” katanya pula.
Baca juga: 25 negara ikut MNEK 2018 di NTB
Baca juga: Dua kapal AL Prancis peserta MNE Komodo 2018 bersandar di Tanjung Priok

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023