Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sepatu Roda Lancang Kuning Open Seri I memperebutkan Piala Erick Thohir 2023 digelar di Venue Sepatu Roda, Mempura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, 21-22 Januari dan sedikitnya 403 atlet dari 31 klub sepatu roda dari seluruh Indonesia bakal bersaing untuk menjadi yang terbaik.

"Alhamdulillah, kita sudah mendapat restu dari Pak Erick Thohir. Kita disambut baik, karena ini juga kan eventnya level nasional. Makanya kita gas langsung, tanpa sponsor dari pihak manapun. Ini resmi dengan anggaran murni swadaya klub sepatu roda," kata Pembina Klub Sepatu Roda Lancang Kuning, Arif Eka Saputra dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Kamis.

Erick Thohir sebagai seorang pemimpin muda sejak awal memang begitu menaruh perhatian terhadap talenta dan prestasi anak muda, terutama bidang olahraga.

Erick sejak 1998 telah berpengalaman dalam manajemen olahraga nasional hingga internasional, seperti membangun klub basket Satria Muda, klub NBA Philadelphia 76ers Amerika Serikat, juga klub sepak bola Inter Milan Italia, D.C. United Amerika Serikat, Oxford United Inggris, hingga saat ini dipercaya untuk maju menjadi calon Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Inisiatif kawan-kawan di berbagai lini di Riau, juga hingga event ini bisa terlaksana. Doakan supaya sukses dan olahraga semakin bergelora di Riau ini," tambah Arif, yang juga Ketua Japnas Riau serta calon anggota DPD RI ini.

Baca juga: Siak tuan rumah Kejurnas Sepatu Roda 2023 perebutkan Piala Erick Thohir

"Kami pastikan event akan berlangsung meriah. Karena juga nanti akan ada jejeran UMKM dan perkenalan sejumlah destinasi wisata di Siak. Silakan masyarakat yang ingin nonton, gratis.” katanya menegaskan.

Ketua Pelaksana Kejurnas, Affandra Madema mengatakan sesuai rencana kejuaraan ini akan dibuka Bupati Siak Alfedri, didampingi Kepala Dispora Riau Boby Rachmat yang mewakili Gubernur Riau, para pejabat lainnya, serta Pengprov Porserosi Riau dan Porserosi kabupaten/kota.

"Untuk diketahui, para atlet yang bertanding nanti didominasi atlet dari Sumatera, Pulau Jawa serta lainnya. Sementara kategori yang kita pertandingan 2 kategori, Speed dan Standar, dengan jumlah medali 243 medali emas, perak dan perunggu,” kata Affandra.

Ada 81 mata lomba, dengan Kelompok Umur mulai dari Pemula, KU A, KU B, KU C, KU D, Junior, dan Senior. Juara Umum akan membawa pulang penghargaan bergengsi berupa Piala Erick Thohir plus uang pembinaan sebesar Rp10 juta. Seluruh juara dari kategori Speed dan Standar juga akan memperoleh piala serta uang tunai jutaan rupiah.

Baca juga: Sepatu roda Kota Tangerang raih juara umum di Porprov Banten
Baca juga: Sepatu roda Bekasi sumbang enam medali Porprov Jabar

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023