Singapura (ANTARA) - Dolar AS melemah di awal sesi Asia pada perdagangan Jumat pagi, karena kekhawatiran perlambatan ekonomi merusak sentimen risiko, sementara yen tergelincir karena spekulasi terus berputar bahwa bank sentral Jepang (BoJ) pada akhirnya akan menjauh dari kebijakan ultra-longgarnya.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang AS terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,069 persen menjadi 102,090, tidak jauh dari level terendah tujuh bulan di 101,51 yang disentuh pada Rabu (18/1/2023).

Indeks turun 1,3 persen sepanjang tahun ini setelah tenggelam 7,7 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2022 karena investor bertaruh bahwa Federal Reserve (Fed) akan memperlambat laju kenaikan suku bunga.

Yen Jepang melemah 0,32 persen versus dolar menjadi 128,86.

Data pada Jumat menunjukkan harga konsumen inti Jepang pada Desember naik 4,0 persen dari setahun sebelumnya, dua kali lipat dari target bank sentral sebesar 2,0 persen, dengan angka terbaru kemungkinan akan memicu ekspektasi pasar bahwa BoJ akan segera mengakhiri kebijakan pengendalian imbal hasilnya dan membiarkan suku bunga naik lebih banyak.

"Kami sekarang memperkirakan BoJ untuk keluar dari kontrol kurva imbal hasil dan kebijakan suku bunga negatif pada akhir Juni, tergantung pada kenaikan yang solid dalam pertumbuhan upah Jepang," kata Ahli Strategi Mata Uang Commonwealth Bank of Australia, Carol Kong.

Mata uang Asia mengalami minggu yang bergejolak setelah keputusan BoJ pada Rabu (18/1/2023) untuk mempertahankan kebijakan moneternya yang sangat longgar.

Baca juga: Dolar menguat karena tawaran "safe haven", yen bangkit

Dengan sedikit data ekonomi yang dijadwalkan pada Jumat, Kong mengatakan pergerakan pasar mata uang akan bergantung pada sentimen risiko secara keseluruhan, dengan mata uang utama cenderung diperdagangkan dalam kisaran yang sempit.

Serangkaian data AS pada Kamis (19/1/2023) menunjukkan ekonomi terbesar dunia itu melambat setelah beberapa kenaikan suku bunga yang besar dan kuat dari Federal Reserve karena para pedagang berharap untuk jeda dalam pengetatan tahun ini.

Namun jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu, menunjuk ke satu bulan lagi pertumbuhan pekerjaan yang solid dan berlanjutnya pengetatan pasar tenaga kerja.

Fokus investor akan beralih ke pertemuan The Fed mendatang pada awal bulan depan. Bank sentral menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada Desember setelah empat kenaikan berturut-turut sebesar 75 basis poin dan pasar dengan penuh semangat mengantisipasi penurunan lainnya.

Ekonom ING mengatakan pengawasan ketat terhadap kisah pertumbuhan AS berarti bahwa dolar tetap rentan terhadap rilis data karena pasar terus menurunkan ekspektasi suku bunga Fed.

"Fakta bahwa perkiraan dovish yang sedang berlangsung tidak hanya merupakan konsekuensi dari perlambatan inflasi tetapi juga prospek ekonomi yang memburuk di Amerika Serikat telah memperburuk implikasi negatif terhadap dolar," menurut ekonom ING.

Sementara itu euro naik 0,11 persen menjadi 1,0839 dolar, sementara sterling diperdagangkan terakhir di 1,239 dolar, naik 0,01 persen pagi ini. Dolar Australia naik 0,14 persen versus mata uang AS menjadi 0,692 dolar AS. Kiwi naik 0,19 persen menjadi 0,640 dolar AS.

Baca juga: Dolar melayang ke posisi terendah, Yen dekat level tertinggi 7-bulan
Baca juga: Rupiah ditutup turun tipis, seiring BI naikkan suku bunga acuan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023