nantinya kami terus tanam setiap pohon di pulau-pulau milik pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menginstruksikan warga menanam Pohon Sukun di pulau-pulau milik pemerintah daerah (pemda) maupun fasilitas sosial dan fasilitas umum yang dikelola pemda setiap Jumat, untuk menjaga ketahanan pangan sekaligus mendukung sektor pariwisata.

"Ini nantinya kami terus tanam setiap pohon di pulau-pulau milik pemerintah, dan hasilnya bisa dirasakan dan bisa dijadikan sumber ketahanan pangan. Juga, bisa dijual agar mempunyai nilai ekonomi yang masyarakat bisa jual juga, sebagai potensi wilayah, juga sebagai oleh-oleh untuk wisatawan," kata Junaedi saat kegiatan Jumat Menanam Pohon di Pulau Panjang, Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara, Jumat.

Menurut Junaedi, Pohon Sukun dipilih karena sudah bisa diolah sendiri oleh masyarakat Kepulauan Seribu untuk dijadikan aneka produk makanan mulai dari keripik, kue bolu, kolak, sambal, dan lainnya.

"Bahkan daunnya bisa dijadikan teh sukun," kata Junaedi.

Oleh karena itu dengan Jumat Menanam, kata Junaedi, Kabupaten Kepulauan Seribu harus memaksimalkan potensi yang dimiliki masyarakat saat ini, supaya kelak bisa dikenal luas sebagai Kampung Sukun, atau tempat pariwisata yang banyak terdapat Pohon Sukun.

"Nantinya semua pulau akan ditanami Pohon Sukun, pekan depan dilakukan di pulau lain," lanjut Junaedi.

Junaedi mengatakan kegiatan Jumat Menanam adalah arahan dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada setiap jajaran wilayah administrasi DKI Jakarta, mulai dari wali kota, bupati, hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain terkait.

"Kami diwajibkan bagaimana wilayah ini mempunyai estetika dan juga ketahanan pangan salah satunya dengan melakukan penanaman pohon produktif," ujar Junaedi.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan Kepulauan Seribu Devi Lidya mengatakan saat ini sudah ada 90 pohon produktif yang ditanam di Pulau Panjang, di antaranya 40 Pohon Sukun dan 50 Pohon Kelapa.

Kegiatan menanam pohon itu diawali dengan apel bersama petugas gabungan dari unsur kelurahan seluruh kecamatan Kepulauan Seribu Utara, petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), Sudin KPKP Kepulauan Seribu, dan Polsek Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Ke depan, kata Devi, Sudin KPKP Kepulauan Seribu  menyiapkan 900 bibit pohon produktif lainnya untuk ditanam di seluruh pulau setiap ada kegiatan Jumat Menanam Pohon.
Baca juga: Kepulauan Seribu dukung Untung Jawa jadi Kampung Bahari Nusantara
Baca juga: Puluhan ribu wisatawan kunjungi Taman Arkeologi Onrust sepanjang 2022
Baca juga: 637 rumah di Pulau Kelapa tersambung sistem pengolahan air limbah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023