Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 tidak berubah pada pukul 08.07 GMT,
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris dibuka datar pada Jumat, dengan indeks FTSE 100 stabil karena kegelisahan meningkat menjelang serangkaian keputusan bank-bank sentral minggu depan, meskipun saham Sainsbury melonjak setelah perusahaan ritel Bestway mengambil saham di grup supermarket Inggris itu.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 tidak berubah pada pukul 08.07 GMT, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik naik tipis 0,1 persen, menuju kenaikan mingguan.

Baca juga: Saham Inggris hentikan kerugian, Indeks FTSE 100 terangkat 0,21 persen

Indeks-indeks utama Wall Street ditutup lebih tinggi pada Kamis (26/1/2023) setelah serangkaian data menunjukkan ekonomi AS bernasib lebih baik dari yang diperkirakan pada kuartal keempat, menghilangkan kekhawatiran tentang resesi tetapi juga kemungkinan mendorong Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga utama lebih tinggi.

Bank-bank sentral utama termasuk Fed AS, Bank Sentral Inggris dan Bank Sentral Eropa akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter mereka minggu depan, dengan para pedagang bertaruh pada kenaikan suku bunga 50 basis poin dari yang terakhir.

Saham Sainsbury's melonjak 5,2 persen ke puncak FTSE 100 setelah Bestway mengumpulkan 3,45 persen saham di grup supermarket terbesar kedua di Inggris itu, tetapi mengatakan tidak mempertimbangkan tawaran pengambilalihan.

Sementara itu, saham Superdry anjlok 9,1 persen setelah peritel fesyen itu memangkas perkiraan labanya untuk tahun ini dan diperkirakan akan mencapai titik impas secara luas karena segmen grosirnya berkinerja buruk.

Baca juga: Saham Inggris dibuka naik, investor pertimbangkan laba perusahaan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023