Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan kegiatan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri Bantul Timur guna memberikan edukasi kepada siswa terkait maraknya isu penculikan anak yang meresahkan pihak orang tua dan sekolah belakangan ini.

"Kami mengambil momen ini, karena kami ingin memberikan edukasi kepada anak-anak," kata Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Bantul AKP Estikomah saat sambang di SD Negeri Bantul Timur, melalui pesan tertulis Humas Polres Bantul, Rabu.

Selain edukasi kepada siswa terkait isu penculikan anak, Kasat Binmas juga memberikan informasi kepada guru, juga orang tua bahwasanya untuk lebih berhati-hati dalam membagikan berita-berita yang tidak jelas sumbernya.

Menurut dia, anak-anak juga harus diberikan edukasi, agar mereka lebih waspada dan lebih tahu, apa yang harus dilakukan ketika dihadapkan pada situasi yang tidak menyenangkan, seperti bertemu dengan orang asing yang berniat jahat kepada mereka.

"Apa saja yang mereka harus lakukan? Mereka harus diberikan edukasi agar mereka siap cara menghadapi situasi seperti itu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Sat Binmas Polres Bantul akan terus menggelar kegiatan sambang ke sekolah-sekolah dasar daerah ini untuk memberikan edukasi terhadap isu penculikan anak.

"Untuk saat ini baru dilaksanakan dua kali yaitu di SD Negeri Gunungmulyo Sedayu dan SD Negeri Bantul Timur, ke depannya kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak sekolah," katanya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri Bantul Timur, Wening Nurdiyah menyambut baik dan apresiasi kepada Sat Binmas Polres Bantul yang sudah menggelar edukasi terkait isu penculikan anak di sekolahnya.

"Dengan kegiatan ini, setidaknya anak-anak memiliki bekal pengetahuan untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Polres Bantul mengimbau bagi warga masyarakat yang melihat atau mengetahui tindak kejahatan bisa menghubungi nomor Hotline Kapolres Bantul 085600479110, SPKT 08112545820 atau layanan polisi 110.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023