Antusiasme pengunjung terhadap tas laptop tinggi sekali, terutama tas laptop model selempang, sampai kami restock ratusan buah. Pembeli pun tidak hanya dari masyarakat lokal, tetapi juga ada wisatawan asing.
Jakarta (ANTARA) - Usaha mikro kecil dan menengah di bidang kerajinan kulit, Crown Leather asal Gresik, Jawa Timur, yang merupakan binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) meraup omzet Rp150 juta pada Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 yang diselenggarakan Kementerian BUMN.

"Antusiasme pengunjung terhadap tas laptop tinggi sekali, terutama tas laptop model selempang, sampai kami restock ratusan buah. Pembeli pun tidak hanya dari masyarakat lokal, tetapi juga ada wisatawan asing," pemilik Crown Leather M Adrian Fadhilah dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Crown Leather yang didirikan pada 2019 adalah UMKM yang menjual produk fesyen seperti dompet, tas, sepatu, clutch, ikat pinggang, dan produk lainnya yang terbuat dari kulit.

Baca juga: Perluas pasar, UMKM binaan BUMN bergilir hadir di Sarinah selama 2023

Angka penjualan Rp150 juta tersebut menjadi salah satu capaian tertinggi yang dicapai UMKM tersebut, jauh melampaui rata-rata omzet yang biasanya diperoleh dalam pameran di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang hanya berkisar Rp10 juta sampai Rp20 juta.

Sementara itu, Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan pada Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023, SIG berpartisipasi dengan mengikutsertakan 32 UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner, kriya, fesyen, dan kecantikan.

UMKM tersebut merupakan binaan dari PT Semen Gresik, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, serta PT Semen Baturaja Tbk yang bergabung menjadi bagian dari SIG pada Desember 2022. "Alhamdulillah, pada kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 ini, produk yang diikutkan sangat diminati pengunjung. Terbukti selama empat hari mengikuti bazar, 32 UMKM binaan SIG berhasil meraup total penjualan sebesar Rp257 juta," tuturnya.

Baca juga: BenihBaik dan PLN Peduli beri bantuan pelatihan pelaku UMKM difabel

Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 menjadi salah satu upaya nyata Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan UMKM daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sekaligus memberikan kesempatan para pelaku UMKM untuk melakukan pemasaran dengan menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023