Untuk meningkatkan kualitas SDM industri kulit, kami memiliki unit pendidikan vokasi, yaitu Politeknik ATK Yogyakarta
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian berupaya menopang daya saing industri kulit tanah air dengan langkah strategis yang dijalankan yakni berkontribusi dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan inovatif.

“Demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang produktif dan inovatif sesuai permintaan dunia industri saat ini, kami proaktif menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi yang link and match dengan industri sehingga bisa langsung terserap kerja,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan di Jakarta, Rabu.

Arus menyampaikan peningkatan kinerja di sektor industri kulit nasional tidak terlepas dari peran SDM.

“Untuk meningkatkan kualitas SDM industri kulit, kami memiliki unit pendidikan vokasi, yaitu Politeknik ATK Yogyakarta yang siap mencetak calon tenaga kerja andal di bidang kulit dan produk kulit,” tuturnya.

Kemenperin mencatat pada kuartal II tahun 2022, produk domestik bruto (PDB) industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki sebesar Rp7,57 triliun, atau mengalami kenaikan 13,12 persen dibanding capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya di angka Rp6,7 triliun.

Baca juga: Kemenperin sebut ekosistem kendaraan listrik RI terbaik di Asia

Baca juga: Kemenperin: Indeks Kepercayaan Industri Januari 2023 naik 0,64 persen


Direktur Politeknik ATK Yogyakarta, Sugiyanto mengemukakan, pihaknya telah menggelar ajang Leather Innofashion Expo 2023 untuk menampilkan berbagai program dan produk yang diciptakan olah para mahasiswa, alumni, hingga peserta program inkubator bisnis.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara Politeknik ATK Yogyakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM.

“Leather Innofashion Expo 2023 dibuka dengan Pameran Leather Product Exhibition menampilkan karya dari mahasiswa semester V TPPK (Desain Produk Kulit), semester III, alumni, serta tenantInkubator Bisnis Industri,” papar Sugiyanto.

Adapun produk yang dipamerkan di antaranya tas, sepatu, sarung tumbler dan pakaian.

Di samping itu, dalam rangkaian acara pameran, Politeknik ATK Yogyakarta juga menyelenggarakan talkshow yang menghadirkan Dluwang dan Oak Leather, jenama (brand) lokal Yogyakarta yang telah dikenal untuk produk-produk kreatif.

“Dluwang dan Oak Leather berbagi pengalaman mengenai pemanfaatan material daur ulang menjadi produk yang sustainable, serta tips dalam penciptaan produk melalui riset guna konsep produk yang berkualitas,” imbuhnya.

Leather Innofashion Expo 2023 akan berlangsung dari bulan Januari hingga Juni 2023.

Ke depannya, kegiatan tersebut akan diisi dengan Talkshow Entrepreneur pada 25 Februari, Workshop Eco Design pada 18 Maret, National Footwear Design Competition pada 14 April, Workshop & Tenant Corner pada 13-14 Mei, serta acara puncak berupa Fashion Show yang diadakan 24 Juni 2023.

“Rangkaian kegiatan itu diharapkan tidak hanya mampu menginspirasi dan menumbuhkan kepercayaan diri bagi mahasiswa dan lulusan Politeknik ATK Yogyakarta saja dalam berkreasi dan berwirausaha, namun juga bermanfaat bagi masyarakat Yogyakarta," ujar Sugiyanto.

Diana Ross Arief selaku Ketua Inkubator Bisnis Industri (IBI) Politeknik ATK Yogyakarta menyampaikan, Roadshow IBI Politeknik ATK Yogyakarta diselenggarakan dalam rangka sosialisasi dan perekrutan inkubator tenant di Politeknik ATK Yogyakarta sekaligus soft launching dalam memperkenalkan gedung PDIN sebagai pusat desain dan inovasi di Wilayah Yogyakarta.

“Dalam pameran ini para pengunjung yang hadir akan diperkenalkan tentang ruang lingkup desain produk melalui gagasan atau ide hingga menjadi sebuah karya, menggali proses kreatif dan problem solving dalam penciptaan dan inovasi produk,” tutur Diana.

Baca juga: Kemenperin: Ekspor mobil melaju, surplus meningkat 64 persen

Baca juga: Kemenperin jaga daya saing produk olahan agro untuk tembus pasar Eropa


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023