Jakarta (ANTARA) - Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mendorong para siswa sekolah untuk mengembangkan pengolahan sampah menjadi kerajinan yang memiliki nilai manfaat.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Istri Wapres Wury Ma’ruf Amin dan anggota OASE KIM dalam kunjungannya ke Provinsi Jawa Tengah, Rabu, berkesempatan meninjau langsung pembuatan kerajinan berupa relief dari limbah plastik yang dilakukan para siswa.

“Ini menjadi salah satu bagian kerja dari OASE untuk membuat relief-relief bersama anak-anak,” ujar Ketua Bidang I OASE KIM Franka Makarim dalam keterangannya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara dan Wury Ma’ruf Amin berinteraksi dengan anak-anak yang sedang mengolah bahan daur ulang ke dalam cetakan yang berbentuk relief candi. Menurut Franka, bahan-bahan yang digunakan dalam pengembangan pengolahan ini mudah didapatkan.

Baca juga: Ibu Negara dan OASE KIM sambangi sentra bakpia pathuk
Baca juga: Ibu Negara Iriana borong tas hingga daster di Pasar Beringharjo


“Yang pertama dari bekas-bekas botol dan plastik digabung dengan bubuk dari bata merah dan tepung tapioka,” tambahnya.

Franka menjelaskan pembuatan kerajinan yang dibuat dari pengolahan sampah sangat mudah dan cepat. Menurutnya, anak-anak dapat langsung membawa pulang hasil karya kerajinan yang mereka buat sendiri.

“Hal ini (pengolahan sampah menjadi kerajinan) dapat mereka lakukan selama mungkin 10-15 menit untuk menunggu, kemudian langsung jadi digambar dibawa pulang yang Ibu tadi kita lihat,” kata Franka.

Selain pengembangan pengolahan sampah, dalam kunjungan kerja kali ini, Ibu Negara dan Wury Ma’ruf Amin melakukan sosialisasi cuci tangan memakai sabun dengan menggunakan air mengalir. Beberapa siswa taman kanak-kanak tampak turut serta mempraktikkan gerakan cuci tangan bersama.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023