Banyumas (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial atau ATENSI senilai Rp70.461.000 bagi 47 penyandang disabilitas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Anggota Komisi VIII DPR RI Wastam menyerahkan bantuan tersebut kepada perwakilan penerima manfaat di Unit Pelaksana Teknis "Sentra Satria" Baturraden di Kabupaten Banyumas, Kamis, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-47 Sentra Satria.

Wastam mengatakan bahwa penyandang disabilitas termasuk kelompok yang diprioritaskan dalam penyaluran bantuan sosial dari pemerintah.

"Fokus tetap yang pertama adalah disabilitas, karena kalau kita memberikan (kepada) yang lain tetapi yang disabilitas tidak tertangani, lebih kasihan lagi," katanya.

Dia menyampaikan bahwa penyaluran bantuan ATENSI bagi penyandang disabilitas merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial untuk memperingati hari ulang tahun Sentra Satria pada 2 Februari 2023.

"Kemarin ada donor darah, hari ini ada khitanan massal. Acara ini diharapkan bisa bermanfaat untuk semuanya dan dalam rangkaian kegiatan ini, tidak ada yang diminta untuk membayar apapun, benar-benar dari Kemensos yang diwakilkan ke Sentra Satria Baturraden," kata Wastam didampingi Kepala Sentra Satria Baturraden Darmanto.
 
Anggota Komisi VIII DPR RI Wastam (kanan) memotivasi peserta khitanan massal dalam rangka HUT Ke-47 Sentra Satria Baturraden di Kantor Sentra Satria Baturraden, Kabupaten Banyumas, Kamis (2/2/2023). (ANTARA/Sumarwoto)


Wastam sangat mendukung pelaksanaan kegiatan khitanan massal mengingat tidak sedikit orang tua yang kesulitan membiayai khitan anak mereka.

Kepala Sentra Satria Baturraden Darmanto mengatakan kegiatan khitanan massal diikuti oleh 26 anak di lingkungan sekitar Sentra Satria Baturraden.

Dia juga menyampaikan bahwa bakti sosial untuk memperingati ulang tahun Sentra Satria Baturraden meliputi penyerahan langsung bantuan ATENSI dari Kemensos kepada penerima manfaat.

"Kami dari Kementerian Sosial, kalau acara seremonial itu harus ada bakti sosialnya, yang diserahkan secara langsung dan tidak boleh simbolis. Kalaupun simbolis, barangnya harus ada di sini," katanya.

Menurut dia, bantuan ATENSI dari Kemensos yang diserahkan kepada penerima manfaat terdiri atas kursi roda untuk delapan orang, walker untuk 13 orang lanjut usia, tripod untuk 20 orang, tongkat penuntun adaptif untuk lima orang tunanetra, dan sarana usaha berupa sepeda motor roda tiga untuk satu orang. 

Baca juga:
Mensos serahkan bantuan ATENSI bagi disabilitas di Tulungagung
Warga lansia hingga penyandang disabilitas di Kepri dapat bantuan ATENSI

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023