Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mempromosikan wisata daerah, salah satunya Banyuwangi melalui pameran virtual atau Metaverse Exhibition Platform.

"Kami menyambut baik penyelenggaraan acara Artos Nusantara sebagai kegiatan yang unik dan menjadi bagian dari pengembangan pariwisata di Banyuwangi. Semoga acara tersebut berdampak positif bagi semua pemangku kepentingan," kata Menparekraf Sandiaga Uno lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

Beberapa pameran yang dimunculkan melalui platform tersebut di antaranya seni lukis, seni patung, seni instalasi, seni multimedia, seni pertunjukan dan seni musik yang bagus di Banyuwangi.

Acara itu terselenggara atas kolaborasi dengan perusahaan teknologi STARX, RPM, VEXANIUM dan juga artis nasional seperti Sania.

Kolaborasi dalam bentuk roadmap Web3 seperti NFT Musik dan lukisan juga Metaverse Exhibition Platform.

Penyelenggaraan pameran didukung seniman lokal seperti S Yadi K, Faizin, dan seniman nasional Nasirun, Iwan Yusuf, Anagard,Putu Sutawujaya, Ugo Untoro, Budi Ubruk, Katirin, Erika, Ketut Putrayasa dan lainnya.

Adapun pameran tersebut digelar pada 20 sampai 28 Mei 2023 di Pantai Marina Boom, Banyuwangi.

Diketahui, Artos Nusantara merupakan eksebisi seni lukis, seni patung, seni instalasi, seni multimedia, seni pertunjukan, dan seni musik  di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pendiri ARTOS Imam Maskoen mengharapkan dengan kolaborasi ini dapat mengangkat seni di Indonesia khususnya seniman lokal Banyuwangi agar mampu mengangkat perekonomian dari sektor​​​​​​ pariwisata di Banyuwangi.

Pada kesempatan yang sama, Founder dan CBO STARX Eldo Kusuma berkeinginan mengakselerasi karya seni Indonesia "to the next level" bahkan ke tingkat global.

Baca juga: Peluncuran KA Blambangan Ekspres mendongkrak pariwisata Banyuwangi

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023