Medan (ANTARA) - Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI) Malaysia mengucapkan selamat untuk wartawan Indonesia, yang merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 9 Februari.

“Selamat dan sukses kepada seluruh insan pers Indonesia untuk terus menempa keberhasilan dalam perjuangan menegakkan kebebasan pers menuju menyuburkan demokrasi dan kesejahteraan bangsa,” kata Presiden ISWAMI Malaysia Datuk Mokhtar Hussain.

Ia menyampaikan ucapan tersebut saat menghadiri peringatan HPN 2023 di Medan, Kamis.

Mokhtar juga menyampaikan syabas kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers atas komitmen tinggi mengadakan HPN setiap tahun yang menyediakan ruang untuk membahas berbagai tantangan masa depan. 

Sebanyak 22 perwakilan dari ISWAMI Malaysia ikut menghadiri perayaan HPN 2023 di Medan, yang mengundang 7.000 wartawan dan insan pers dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum Persatuan Wartawan (PWI) Pusat Atal S Depari dalam laporan pelaksanaan HPN 2023 mengapresiasi kehadiran ISWAMI Malaysia.

Atal mengatakan HPN 2023 memang merupakan pesta bagi insan pers. Namun di Medan, semua kalangan, dari presiden hingga rakyat ikut merasakan pesta tersebut.

HPN Sumatera Utara (Sumut) dimeriahkan dengan kegiatan yang bersifat edukatif, pengembangan ekonomi daerah, dan  acara hiburan. Atal mengatakan ada 40 rangkaian kegiatan yang berlangsung dari 7-12 Februari 2023.

HPN 2023 yang diadakan di Medan dihadiri Presiden Joko Widodo, juga oleh beberapa menteri, duta besar dari sejumlah perwakilan negara, dan kepala daerah.

Pada Rabu (8/2) malam, ISWAMI Malaysia juga mengikuti jamuan makan malam HPN 2023 di Aula Tengku Rizal Nur. 

Acara makan malan itu dihadiri pula oleh 13 duta besar dan sejumlah perwakilan negara asing di Indonesia, termasuk perwakilan Malaysia di Medan dan Jakarta.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief Sudarto Trinugroho sempat mengajak seluruh tamu yang hadir mendoakan korban gempa bumi di Turki dan Suriah.

“Saya minta waktu satu menit untuk mendoakan korban gempa bumi di Turki,” kata Arief.

Baca juga: Presiden minta media massa dorong Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil

Baca juga: Polda Metro sebut pers mitra strategis capai demokrasi bermartabat

 

Jokowi: Media 'mainstream' harus jadi penjaga literasi informasi

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023