Sudah kami tangani bersama di seluruh lokasi
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara mengevakuasi 12 pohon tumbang di daerah itu akibat hujan disertai angin kencang pada Kamis, sekitar pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kepala Seksi Jalur Hijau, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara Priharto Budi Susilo, di Jakarta Utara, mengatakan ke-12 pohon tumbang tersebut di antaranya ada di Kecamatan Koja, Pademangan dan Cilincing serta sudah ditangani petugas saat cuaca buruk tersebut mereda.

"Sudah kami tangani bersama di seluruh lokasi, berkolaborasi dengan Unit Kerja Pelaksana Daerah (UKPD) dan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) setempat," kata Budi.

Dari ke-12 pohon tumbang tersebut, empat pohon di antaranya terjadi di wilayah Kecamatan Koja, yakni pohon angsana setinggi 12 meter dan berdiameter sekitar 40 sentimeter di halaman Kantor Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Utara.

Baca juga: BPBD DKI tangani tiga pohon tumbang akibat hujan disertai angin

Kemudian pohon beringin di Jalan Menteng, pohon Bintaro di Jalan Sindang dan pohon Ketapang di Jalan Taman Rawa Badak Utara, Koja.

Sedangkan kejadian pohon tumbang di wilayah Cilincing terjadi pada enam lokasi, yakni pohon kedondong menutupi jalan Sungai Kendal, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara yang disebabkan oleh hujan deras dan angin kencang pada Kamis siang.

Kemudian pohon pete Cina di Jalan Cakung Drain, pohon beringin di Jalan Metros Beting, pohon pete Cina di Jalan Akses Marunda, pohon beringin di Jalan Armain Marunda dan pohon cemara di Jalan Gading Griya Lestari.

Di wilayah Pademangan, pohon pete Cina tumbang di Jalan Pesanggrahan 8. Sedangkan satu pohon tumbang di wilayah Kecamatan Kelapa Gading jenis pohon cemara di Jalan Gading Putih.

Baca juga: Pemkot Jaktim lakukan penebangan pohon antisipasi pohon tumbang

Satu unit mobil boks pengangkut roti yang sedang melintas di jalan tersebut hingga kaca depannya pecah dan bagian kap mobil ringsek.

Selain itu, tiang listrik yang berada tepat di samping pohon juga ikut rubuh.

Karena besar dan panjangnya pohon cemara itu, petugas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota sampai harus menggunakan "mobile crane" untuk mengevakuasi pohon tersebut.

Hingga saat ini belum dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka-luka di Jakarta Utara akibat tumbangnya 12 pohon di sejumlah titik tersebut.

Baca juga: Pemkot Jaksel antisipasi pohon tumbang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023