Kita mencoba mengumpulkan, mengidentifikasi dan juga membina talenta muda anak-anak yang berasal dari berbagai bidang dan diantaranya ada tiga bidang yang menjadi fokus dari pemerintah pada saat ini yaitu riset inovasi, seni budaya literasi dan juga
Jakarta (ANTARA) - Ketua Pelaksana Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional 2023 Teguh Trianung Djoko Susanto mengatakan kompetisi literasi dan numerasi dapat membantu peserta didik meningkatkan daya nalar dan berpikir kritis.

“Penguasaan literasi dan numerasi merupakan dua kompetensi dasar yang perlu dikuasai oleh generasi pelajar dan sebagai modal utama bagi kemajuan suatu bangsa,” ujar Trianung di Jakarta, Jumat.

Selain itu juga sebagai indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mampu berkompetisi secara global. Kedua hal tersebut akan diujikan dalam kompetisi ini dan dilakukan dalam Programme for International Student Assessment (PISA) untuk mengukur kompetensi siswa suatu negara.

“Selain itu perlu juga penguasaan materi yang kuat sejak dini untuk mengedepankan peningkatan daya nalar berpikir kritis dan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi,” terang dia.

Dalam hal ini Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) menyelenggarakan Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dan melakukan sosialisasi untuk jenjang SMA, SMK, dan sederajat tingkat nasional.

"UNJ tidak akan pernah berhenti untuk terus bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan lomba literasi dan numerasi ini,” kata Ketua BPU UNJ Prof Sofia Hartati.

Baca juga: BPU UNJ gandeng PesonaEdu gelar Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023

Ketua Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) ​​​​​Hendarman mengapresiasi UNJ yang turut menjadi bagian dari suatu program besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Manajemen Talenta Nasional.

“Kita mencoba mengumpulkan, mengidentifikasi dan juga membina talenta muda anak-anak yang berasal dari berbagai bidang dan diantaranya ada tiga bidang yang menjadi fokus dari pemerintah pada saat ini yaitu riset inovasi, seni budaya literasi dan juga olahraga,” kata Hendarman.

Bagi sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya pada kompetisi ini tidak dipungut biaya atau gratis. Pendaftaran dibagi menjadi dua batch yaitu batch 1 dibuka 6-31 31 Januari 2023 hanya untuk kelas 6 dan kelas 9 saja. Pengumuman pemenang untuk batch 1 pada 20 Maret 2023.

Batch 2 untuk jenjang SD/MI pada kelas 4 dan 5, jenjang SMP/MTs untuk kelas 7 dan 8, dan jenjang SMA/MA/SMK untuk kelas 10 dan 11, pendaftaran dibuka 6 Februari sampai 3 Maret 2023 dan pengumuman pemenang pada 20 Mei 2023.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran, syarat, ketentuan kompetisi, dan jadwal lengkap Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023 dapat diakses pada website kompetisi: www.kompetisi.pesonaEdu.id

Kompetisi itu nantinya diselenggarakan secara daring berbasis Computer Based Test (CBT).  Bagi siswa khususnya di DKI Jakarta, yang meraih juara pada kompetisi ini akan menjadi poin tambahan untuk Jalur Prestasi saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). 

Baca juga: Kemendikbudristek: IOI ajang tumbuhkan literasi dan kemampuan numerasi
Baca juga: 3.971 sekolah ikuti Kompetisi Literasi dan Numerasi Nasional


Pewarta: Indriani
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023