Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat mengajak seluruh warga setempat ikut membantu meringankan beban para korban gempa bumi di Kota Jayapura, Papua.

Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Jumat, mengatakan Pemkab Manokwari akan segera menyalurkan bantuan kepada para korban gempa di Jayapura.

"Musibah dan bencana yang dialami saudara-saudara kita di Jayapura juga ikut kita rasakan. Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Manokwari, kami menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga korban," kata dia.

Ia menyebutkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat Manokwari terhadap para korban gempa bumi di Jayapura merupakan wujud kepedulian sebagai sesama warga Papua.

Baca juga: Hindari dampak gempa susulan, warga Kota Jayapura tidur di tenda

Oleh karena itu, pemkab setempat juga meminta dukungan dan partisipasi seluruh warga Manokwari untuk memberikan bantuan sesuai kemampuan masing-masing.

"Pengalaman tahun-tahun sebelumnya ketika ada bencana di NTT dan tempat-tempat lainnya, kita juga ikut berpartisipasi membantu meringankan beban yang dihadapi para korban," tutur Hermus.

Menyikapi kondisi cuaca ekstrem akhir-akhir ini, ia mengingatkan warga setempat untuk selalu waspada.

"Kita tidak tahu bencana bisa terjadi kapan saja. Maka kita semua harus bijaksana untuk melihat kondisi alam dan cuaca. Kita juga harus belajar bagaimana mencari perlindungan untuk menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam," ujar dia.

Gempa bumi magnitudo 5,4 mengguncang Kota Jayapura, Provinsi Papua pada Kamis (9/2) siang.

Sesuai data BPBD Papua, gempa yang berpusat di daratan Jayapura tersebut mengakibatkan empat korban jiwa, sekitar 2.261 orang mengungsi, dan puluhan bangunan mengalami kerusakan ringan hingga berat.

Baca juga: Kemenko PMK kerahkan tim ke lokasi gempa di Kota Jayapura
Baca juga: RSUD Jayapura rawat 77 pasien di tenda akibat gempa susulan M 5,4

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023