Makassar (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendirikan dapur umum untuk para korban banjir di dua kelurahan di Kota Makassar.

"Kami membangun dapur umum bagi warga terdampak banjir yang mencakup sekitar 500 jiwa di dua kelurahan," ujar Koordinator Tim Respons Cepat (TRC) IZI Sulsel Muhammad Ichsan di Makassar, Selasa.

Baca juga: Bantu korban banjir-longsor Luwu Utara, IZI Sulsel dirikan dapur umum

Hujan yang mengguyur Kota Makassar sejak dua hari terakhir mengakibatkan hampir seluruh titik kecamatan terendam banjir. Sebagian besar warga memilih meninggalkan rumah dan mengungsi di tempat yang lebih aman.

Lokasi pengungsian tersebut di antaranya berada di Jalan Regge Lorong 5, Kelurahan Rappo Jawa dan Jalan Regge Lorong Buloa, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Ichsan menyebut IZI Sulawesi Selatan bergerak cepat mendirikan dapur umum untuk memenuhi salah satu kebutuhan pokok bagi para pengungsi.

Baca juga: IZI Sulsel kirim tim medis dan siapkan dapur umum di Majene

Selain itu, juga membantu evakuasi warga, khususnya lansia dengan menurunkan ambulans ke lokasi banjir.

"Dapur umum sudah berjalan sejak kemarin. Insya Allah hari ini kita fokus menyalurkan paket makanan siap saji dan aksi bersih-bersih di rumah warga," katanya.

Adapun kebutuhan pengungsi saat ini, kata Ichsan, antara lain makanan siap saji, air bersih, sembako, alas tidur dan selimut, pakaian layak pakai, dan obat-obatan.

Baca juga: Sasar wilayah 3T, IZI Sulsel salurkan bantuan kepada 2.170 mustahik

Sejauh ini, IZI Sulsel baru menyentuh Kota Makassar sebagai wilayah dengan kondisi banjir parah. TRC IZI Sulsel beranggotakan empat orang dan satu ambulans.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023