Beberapa di antara karangan bunga itu yakni dari Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Suksma yang sebelumnya masuk tiga besar calon Sekda DKI, juga ada Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah karangan bunga menghiasi halaman Balai Kota Jakarta menyambut Sekretaris Daerah (Sekda) DKI baru, Joko Agus Setyono, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Bali.

Sejumlah petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) Balai Kota Jakarta menata karangan bunga yang ditempatkan di sekitar pendopo Balai Kota Jakarta, Rabu.

Karangan bunga tersebut dikirim dari sejumlah pejabat hingga instansi pemerintah daerah dan BUMN yang bertuliskan selamat atas pelantikan Sekda DKI.

Beberapa di antara karangan bunga itu yakni dari Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Suksma yang sebelumnya masuk tiga besar calon Sekda DKI, juga ada Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

Sebelumnya, beredar Keputusan Presiden Nomor 13/TPA tahun 2023 soal pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di Pemprov DKI Jakarta yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada Senin (13/2).

Terkait Kepres tersebut, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi ketika dikonfirmasi membenarkan Joko Agus Setyono telah dipilih Kepala Negara sebagai Sekda DKI.

"Iya (sebagai Sekda DKI definitif)," ucap Prasetio melalui pesan WhatsApp.

Belum diketahui jadwal pelantikan Sekda DKI baru tersebut namun diperkirakan pelantikan dilakukan dalam waktu dekat.

Berdasarkan pasal 139 pada Peraturan Pemerintah 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil menyebutkan Presiden menunjuk Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan instansi daerah provinsi untuk mengambil sumpah/janji jabatan.

Ada pun PPK di tingkat provinsi adalah gubernur yakni Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memilih Joko Agus Setyono sebagai Sekda DKI.

Ia menyisihkan dua kandidat lainnya yakni Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma, dan Michael Rolandi Cesnanta Brata yang saat ini menjabat Kepala Badan Pengelola Aset Daerah DKI Jakarta.

Jabatan Sekda DKI sebelum pelantikan definitif diisi Penjabat Sekda DKI Uus Kuswanto yang saat ini sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI sebagai penjabat Sekda.

Sekda sebelumnya, Marullah Mattali beberapa waktu lalu dilantik Heru, menjadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.
Baca juga: Ini kata Heru terkait tiga calon Sekda DKI
Baca juga: Legislator berharap Sekda DKI dijabat figur komunikatif
Baca juga: Heru resmi serahkan tiga nama calon sekda DKI kepada Mendagri

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023