Nilai tersebut terdiri atas pokok sebesar Rp200 miliar dan bunga Rp3,47 miliar, yang jatuh tempo pada 20 Februari 2023
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF siap melunasi pokok dan bunga atas obligasi berkelanjutan IV tahap III seri C tahun 2018 senilai Rp203,47 miliar.

Nilai tersebut terdiri atas pokok sebesar Rp200 miliar dan bunga Rp3,47 miliar, yang jatuh tempo pada 20 Februari 2023.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, mengatakan pelunasan obligasi tersebut merupakan komitmen dari perseroan dalam memenuhi kewajiban keuangan.

Perseroan saat ini telah menyiapkan dana untuk pelunasan obligasi jatuh tempo tersebut. Adapun dana akan bersumber dari posisi kas internal perseroan yang saat ini ditempatkan pada instrumen deposito.

Ia menegaskan obligasi yang diterbitkan oleh SMF memiliki peringkat idAAA yang diperoleh dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menunjukkan kemampuan SMF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang, serta profil permodalan yang sangat kuat dengan didukung oleh kualitas aset yang sangat baik dan mencerminkan tingkat dukungan yang sangat kuat dari Pemerintah Indonesia.

"Penerbitan obligasi SMF bertujuan untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional khususnya di industri perumahan melalui penyaluran pinjaman (refinancing atas kredit pemilikan rumah/KPR), sehingga dapat mendorong ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia," ungkap Ananta.

Sejak 2009 hingga saat ini, SMF telah melakukan penerbitan surat utang sebanyak 51 kali dengan total Rp50,4 triliun.

Penerbitan itu terdiri atas 38 kali penerbitan obligasi dan sukuk mudharabah (penawaran umum) sebesar Rp45,63 triliun, 12 kali medium term notes (penawaran terbatas)
sebesar Rp4,67 triliun, dan satu kali penerbitan surat berharga komersial sebesar Rp120 miliar.

Baca juga: SMF terbitkan efek beragun aset senilai Rp500 miliar
Baca juga: SMF benahi kawasan kumuh di Surakarta dengan bangun rumah layak huni
Baca juga: SMF salurkan kredit FLPP senilai Rp3,52 triliun per triwulan III 2022

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023