Jayapura (ANTARA) - Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wamena akan menutup sementara jalan Trans Papua ruas jalan Jayapura-Wamena akibat kerusakan yang terjadi di ruas jalan tersebut.

Kepala BPJN Wamena Zefnat Kambu di Jayapura, Minggu, mengatakan penutupan itu akan dilakukan setelah 150 kendaraan yang kini terjebak dikeluarkan dari kubangan yang ada di 10 titik.

"Kami belum memastikan kapan penutupan itu dilakukan karena masih akan dilakukan evakuasi terhadap kendaraan yang terjebak akibat tertanam di lumpur," kata Kambu.
 
Menurutnya, setelah seluruh kendaraan baik itu truk maupun dua kabin yang mengangkut aneka barang kebutuhan masyarakat dari Jayapura lolos ke Wamena baru jalan tersebut ditutup untuk dilakukan perbaikan.
 
Kerusakan yang terjadi di 10 titik berada di wilayah Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, tersebar di kilometer 416 hingga kilometer 428.
 
"Kendaraan tersebut dilaporkan terjebak sejak bulan Desember 2022 akibat tidak bisa keluar dari kubangan lumpur akibat curah hujan yang tinggi serta beban yang diangkut melebihi kapasitas," kata Zepnat Kambu.
 
Ditambahkan, untuk mengeluarkan kendaraan pihaknya telah mengerahkan kendaraan berat sehingga memudahkan evakuasi.
 
Jalan tersebut, kata Kambu memang belum diaspal sehingga saat hujan turun terjadi kubangan yang menyebabkan kendaraan tertanam.
 
"Dijadwalkan evakuasi akan selesai dilaksanakan Rabu (22/2)," kata Kepala BPJN Wamena Zefnat Kambu.

Baca juga: 150 Kendaraan terjebak di jalan Trans Papua ruas Jayapura-Wamena

Baca juga: Mobil kadiskominfo Papua Barat kecelakaan di Manokwari Selatan

Baca juga: Kementerian PUPR siap lelang Proyek Jalan Trans Papua pada November
 
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023