Medan (ANTARA) - Ajang bergengsi Internasional F1 Powerboat 2023 yang akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023, menjadi kegiatan pertama yang akan dimanfaatkan Indonesia sebagai kampanye peluncuran Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Ajang adu balap kapal cepat ini kembali akan menjadi momentum mendorong kunjungan wisatawan ke Indonesia khususnya ke Danau Toba, sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia,* kata Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo RM Manuhutu, dalam konferensi pers melalui Zoom, Senin.

Target BBWI tahun ini adalah 1,2 hingga 1,4 miliar perjalanan wisata nusantara atau dua kali dari capaian tahun lalu. Upaya ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan di sektor pariwisata mencapai kisaran Rp3.2 triliun hingga Rp3.6 triliun.

Odo pun mengakui setelah beberapa hari menetap di Balige bersama tim, telah merasakan aktivitas ekonomi yang menggeliat.

“Ini tentu menjadi langkah nyata pemerintah dalam membantu perekonomian lokal,” katanya.

Upaya tersebut, lanjutnya, menjadi implementasi arahan Presiden Joko Widodo pada September 2022, yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar dapat berwisata di dalam negeri.

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia memiliki berbagai wisata yang tidak kalah indah dan menarik dibandingkan dengan luar negeri. Salah satunya adalah Danau Toba di Sumatra Utara.

Melalui program BBWI, tegas Odo, akan memberi dampak ekonomi yang signifikan sekaligus membantu pemulihan sektor pariwisata pulih lebih cepat, pascapandemi COVID-19.

Baca juga: Sandiaga sebut persiapan F1 Powerboat masuki tahap akhir
Baca juga: Polda Sumut rekayasa lalu lintas di Balige selama F1 Powerboat 2023
Baca juga: PLN Sumut siap sukeskan F1 Powerboat

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023