Jakarta (ANTARA) - Selama hampir setahun invasi Rusia ke Ukraina, beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan telah mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di ibu kota Kiev.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menjadi pemimpin nasional terbaru yang bertemu Zelenskyy di Kiev, sedangkan pemimpin Republik Ceko, Slovenia dan Polandia menjadi para pemimpin dunia yang pertama mengunjungi Ukraina sejak negara itu diinvasi Rusia.

Presiden RI Joko Widodo juga masuk dalam daftar pemimpin dunia yang bertemu Zelenskyy. Dia mengunjungi Kiev pada akhir Juni tahun lalu.

Berikut adalah para pemimpin dunia yang menemui Presiden Ukraina itu, dihimpun dari berbagai sumber.

Maret 2022

Pada tanggal 15 bulan ini, tiga kepala pemerintahan di tiga negara Eropa menggelar kunjungan bersama dengan menaiki kereta api menuju Kiev guna bertemu dengan Zelenskyy. Mereka adalah Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala, PM Polandia Mateusz Morawiecki, dan PM Slovenia Janez Jansa.

Polandia berbatasan langsung dengan bagian barat Ukraina.

April 2022

* 9 April: PM Inggris Boris Johnson. Dia sudah tak menjadi lagi pemimpin Inggris setelah digantikan Liz Truss, sedangkan Truss kemudian digantikan oleh Rishi Sunak

* 26 April: PM Rumania Nicolae Ciuca

Mei 2022

* 8 Mei: PM Kanada Justin Trudeau

* 22 Mei: Presiden Polandia Andrzej Dudu. Dia menjadi pemimpin kedua Polandia yang mengunjungi Ukraina selama perang dengan Rusia setelah PM Mateusz Morawiecki.

* 26 Mei: PM Finlandia Sanna Marin. Finlandia memiliki perbatasan yang cukup panjang dengan Rusia di bagian timurnya. Bersama Swedia, negara ini tengah mengajukan lamaran untuk menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Juni 2022

* 16 Juni; Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Italia Mario Draghi, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis serempak menemui Zelenskyy di Kiev. Bagi Rumania, ini adalah kunjungan kedua ke Kiev selagi perang setelah PM Nicolae Ciuca pada April.

* 17 Juni: PM Inggris Boris Johnson mengunjungi Kiev untuk kedua kalinya.

* 29 Juni: Presiden RI Joko Widodo. Jokowi menyatakan kunjungannya itu adalah wujud kepedulian masyarakat Indonesia kepada Ukraina. Sehari kemudian, dia bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Kunjungan itu tak lepas dari status Indonesia sebagai ketua Kelompok 20 (G20).

3 Juli 2022   PM Australia Anthony Albanese

25 Oktober 2022 

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menjadi pemimpin kedua Jerman yang mendatangi Ukraina selama perang setelah Kanselir Olaf Scholz pada Juni 2022.

19 November 2022

PM Rishi Sunak menjadi pemimpin Inggris yang mengunjungi Kiev selama perang setelah Boris Johnson.

14 Januari 2023

Kunjungan Presiden Finlandia Sauli Niinisto menjadi kunjungan kedua pemimpin Finlandia setelah PM Sanna Marin pada Mei 2022.

20 Februari 2023

Presiden AS Joe Biden mengunjungi Ukraina empat hari menjelang satu tahun invasi Rusia di Ukraina pada 24 Februari mendatang.

Selain mereka, beberapa tokoh dunia yang lain juga pernah menemui Zelenskyy di Kiev, seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, istri presiden AS Jill Biden, dan sejumlah pejabat setingkat menteri.

Baca juga: China sebut AS tak berhak ceramah soal krisis Ukraina
Baca juga: "Gerakan" rahasia di balik kunjungan Biden ke Ukraina
Baca juga: Biden kunjungi Kiev di tengah unjuk rasa antiperang di AS


Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023