Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Nairobi mempromosikan pencak silat sebagai seni bela diri Indonesia kepada siswa-siswi sekolah internasional Kenya.

Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin dalam keterangannya pada Selasa mengatakan KBRI selama lebih dari dua tahun terakhir aktif menggencarkan kegiatan promosi budaya Indonesia di Kenya.

Kegiatan itu termasuk pengenalan dan pelatihan pencak silat sebagai seni bela diri kepada pemuda-pemudi Kenya.

KBRI Nairobi pekan lalu kembali mengadakan promosi pencak silat dalam acara “International Day” di International School of Kenya (ISK), Nairobi.

Sebanyak 400-500 siswa-siswi beserta orang tua mereka menyaksikan pertunjukan pencak silat tersebut, menurut KBRI.

KBRI mengatakan delapan penampil pencak silat--semuanya pemuda Kenya binaan KBRI Nairobi--memukau penonton dengan gerakan-gerakan seni bela diri yang indah.

Menurut Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Nairobi Andi Syamsurijal Usman, pencak silat telah diperkenalkan ke sejumlah sekolah, kampus, dan kelompok-kelompok komunitas dan lembaga di Nairobi, Kiambu County, dan Mombasa County sejak Juni 2021.

Kegiatan itu melibatkan sebanyak 600 peserta latih serta 20 pelatih, kata Usman.
 
Kedutaan Besar RI di Nairobi merupakan salah satu padepokan pencak silat di kota itu, di mana masyarakat umum dapat mengikuti pelatihan dua kali sepekan.

"Dengan mengikuti latihan pencak silat, peserta tidak hanya belajar seni bela diri khas Indonesia, tetapi dengan sendirinya juga akan dapat menghayati nilai-nilai kearifan Indonesia," ujar Usman.

Dia menambahkan bahwa pencak silat menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Kenya pada tingkat akar rumput karena bela diri itu meningkatkan "people-to-people contact".

Padepokan-padepokan pencak silat di Kenya didirikan atas kerja sama KBRI Nairobi dengan Federasi Pencak Silat Nasional Kenya.

Federasi Pencak Silat Kenya yang didirikan pada Juni 2021 telah resmi diakui sebagai anggota Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (PERSILAT) yang bermarkas di Jakarta.

Baca juga: KBRI Doha tampilkan pencak silat sambut Tahun Kebudayaan-Hari Olahraga
Baca juga: Kemendikbudristek kirim 5 pesilat RI ke Hari Olahraga Nasional Qatar

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023