Apabila investasi perusahaan tersebut berhasil terealisasi di Indonesia maka dapat memberikan efek ganda
Jakarta (ANTARA) - Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei berupaya membawa investor asing ke Indonesia dengan cara melakukan kunjungan ke salah satu produsen pengharum ruangan dan mobil di daerah Yingge, New Taipei City guna memasarkan minyak atsiri.

"Apabila investasi perusahaan tersebut berhasil terealisasi di Indonesia maka dapat memberikan efek ganda," ujar Kepala KDEI Taipei Iqbal Shoffan Shofwan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan Komoditas utama Indonesia seperti minyak atsiri (essential oil) akan terserap sebagai bahan baku pengharum ruangan/mobil yang akan diekspor ke berbagai negara.

Iqbal menyampaikan kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya pada Jumat (3/2). Pada pertemuan sebelumnya, perusahaan itu menyampaikan minat dan rencananya kepada tim ekonomi KDEI Taipei (Bidang Perdagangan) untuk melakukan ekspansi usaha di Indonesia.

"Sejumlah hal yang dibahas pada pertemuan tersebut, antara lain syarat penanaman modal, lokasi, akses logistik, infrastruktur pendukung, serta kebijakan insentif fiskal untuk investasi di Indonesia," jelas Iqbal.

Baca juga: KDEI Taipei pamerkan produk makanan buatan UMKM Indonesia di Taiwan

Perusahaan yang dikunjungi KDEI Taipei ini telah beroperasi selama 26 tahun. Selain itu, perusahaan tersebut telah memiliki pelanggan (original equipment manufacturer/OEM dan original design manufacturer/ODM) dari berbagai merek pengharum ruangan/mobil yang terkemuka di seluruh dunia seperti 3M, Reckitt Benchkiser, Kobayashi dan Stella.

"Perusahaan ini dikategorikan sebagai salah satu perusahaan tersembunyi terkemuka (hidden champion). Artinya, perusahaan tersebut tidak terlalu terekspos oleh publik, namun telah menjadi salah satu perusahaan terdepan (leading companies) di dunia dalam memproduksi pengharum ruangan/mobil," katanya.

Selama kunjungan itu, Kepala KDEI Taipei yang didampingi Bidang Investasi dan Bidang Perdagangan juga melihat fasilitas produksi di perusahaan tersebut yang dilengkapi dengan tempat edukasi terkait dunia wewangian (fragrance).

Baca juga: KDEI tawarkan peluang investasi IKN kepada investor Taiwan

Baca juga: BI-KDEI Taipei gelar promosi perdagangan NTB ke Taiwan secara virtual

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023