Keberadaan PG Semboro sendiri memberikan kontribusi dan roda perekonomian khususnya Semboro dan Jember.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pabrik Gula (PG) Semboro mendukung program Semboro Menggerakkan Ekonomi Masyarakat atau disingkat "Semboro Mesem" untuk membangkitkan sektor perekonomian di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim).

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama General Manager Pabrik Gula Semboro Noor Dradjad Rachman HM Arum Sabil dan sejumlah pejabat hadir dalam peluncuran program "Semboro Mesem", di area Pabrik Gula Semboro, Sabtu.

"Saya yakin dengan semangat kekompakan itu melalui Semboro Mesem, maka para pedagang kecil dapat berkahnya, dagangan mereka laris manis, maka ekonomi Jember akan kuat sehingga bisa menghadapi tantangan ekonomi ke depan," kata Hendy.

Ia mengatakan program Semboro Mesem ini, juga menjadi daya tarik untuk para investor agar mau berinvestasi di Jember, sehingga berharap inovasi di Kecamatan Semboro dapat diikuti oleh kecamatan lainnya.

General Manager Pabrik Gula Semboro Noor Dradjad Rachman mengatakan pihaknya sangat mendukung program tersebut dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Keberadaan PG Semboro sendiri memberikan kontribusi dan roda perekonomian khususnya Semboro dan Jember, selain penyerapan tenaga kerja, aktivitas agrobisnis tebu, hingga efek domino terhadap UMKM di lingkungan sekitar," katanya pula.

Untuk UMKM, kata dia lagi, pihaknya memiliki kegiatan khusus di antaranya melibatkan di pasar rakyat buka giling dan bazar Ramadhan 1444 Hijriah.

Camat Semboro Ahmad Fauzi berharap tercipta kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di Kecamatan Semboro sebagai upaya menyukseskan program kebangkitan ekonomi kemasyarakatan yang dicanangkan Bupati Jember pada awal tahun.

Semboro Mesem menyuguhkan beragam acara menarik, seperti jalan sehat, bazar UMKM, serta lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi TK dan PAUD se-Kecamatan Semboro.
Baca juga: Produksi gula PG Semboro hingga akhir giling capai 60.157 ton

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023