Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) pada tahun akademik 2023-2024 menawarkan dua program studi (Prodi) baru di kelas internasional, yaitu Teknik Perkapalan dan Teknik Bioproses.

“Program sarjana kelas internasional membuka kesempatan bagi mahasiswa FT UI untuk mendapatkan akses pendidikan berkualitas tinggi di kampus teknik terbaik di Indonesia dan luar negeri," ujar Dekan FT UI Prof. Dr. Heri Hermansyah di Kampus UI Depok, Selasa.

Heri mengatakan setelah menempuh pendidikan selama 3,5 - 4 tahun, saat lulus, mahasiswa akan mendapatkan dua gelar sarjana, dari UI dan dari perguruan tinggi mitra UI, yaitu salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca juga: FT UI kembangkan Oxygen Nanobubble Generator untuk budidaya udang

"Diharapkan lulusan program ini akan mampu bersaing di kancah internasional dan memanfaatkan jejaring antarbangsa untuk berkarya ke depannya," katanya.

Adanya penambahan kedua Prodi ini, menjadikan pilihan Prodi yang tersedia untuk jenjang Sarjana Kelas Internasional FT UI bertambah dari sebelumnya tujuh Prodi menjadi 9sembilan Prodi untuk penerimaan mahasiswa baru UI Tahun Akademik 2023/2024.

Kepala Unit Modernisasi dan Internasionalisasi Pendidikan sekaligus Kepala International Office FT UI Prof. Dr. Ir. Harinaldi, M.Eng mengatakan Program Sarjana KI adalah program pendidikan UI yang memberikan pengalaman global dalam pembelajarannya dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas.

FT UI telah menyelenggarakan program
double degree KI sejak tahun 1999 dimana pada saat lulus mahasiswa akan mendapat dua gelar sarjana. Mulai tahun 2011, FT UI membuka program single degree, dimana mahasiswa mendapatkan akses pendidikan di universitas mitra luar negeri selama minimal satu semester dan lulus dengan gelar sarjana dari UI. Batas usia pendaftar untuk program ini adalah lima tahun dari tahun lulus SMA.

Prodi Teknik Perkapalan merupakan disiplin ilmu keteknikan yang berfokus pada rancang bangun kapal dan sistem perkapalan yang meliputi perancangan kapal, proses produksi, reparasi dan perawatan kapal, instalasi permesinan, peraturan kemaritiman, dan pengetahuan dasar manajemen pengelolaan transportasi laut.

Baca juga: The WUR 2023 nilai FT-UI kampus teknik terbaik di Indonesia

Baca juga: FT UI luncurkan rumah masa depan dengan listrik "dual power"


Ketua Program Studi Teknik Perkapalan FT UI Dr. Eng.Muhammad Arif Budiyanto, ST., MT. mengatakan selain program single degree, FT UI juga memiliki mitra yang berkolaborasi untuk program double degree, yaitu Department of Naval Architecture Ocean & Marine Engineering University of Strathclyde, UK. Mitra ini menduduki peringkat satu di Eropa untuk bidang Marine/Ocean Engineering berdasarkan Shanghai University Ranking 2022.

"Saat ini kami juga tengah menjajaki peluang double degree dengan Seoul National University yang merupakan salah satu kampus terbaik di Korea Selatan,” katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023