Gorontalo (ANTARA) - Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo mendapatkan pencapaian akreditasi unggul berdasarkan hasil penilaian dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, ST, MT di Gorontalo, Rabu, mengatakan kampus kerakyatan Universitas Negeri Gorontalo dinilai layak menyandang nilai akreditasi tersebut.

Nilai akreditasi unggul perguruan tinggi berdasarkan surat keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 142/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/II/2023, yang menyatakan bahwa UNG telah memenuhi syarat.

Eduart Wolok mengaku bersyukur, akhirnya UNG telah dinilai layak menyandang status akreditasi tersebut.

Baca juga: Kemendikbudristek serahkan beasiswa KIP-K kepada 1.430 mahasiswa UNG

Baca juga: Guru besar UNG didorong bantu pecahkan masalah daerah di Gorontalo


Melalui akreditasi unggul itu secara tidak langsung menurut Eduart, menyatakan UNG setara dengan perguruan tinggi ternama lainnya yang ada di Indonesia, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) atau Universitas Hasanudin dan lainnya.

"Alhamdulillah saat ini UNG telah resmi menjadi perguruan tinggi dengan akreditasi unggul. Dengan keberhasilan ini semakin meneguhkan UNG menuju perguruan tinggi unggul dan berdaya saing," ungkap rektor.

Menurut Eduart, keberhasilan ini harus disyukuri bersama, karena akreditasi institusi unggul tersebut merupakan buah dari kerja keras serta kontribusi dari seluruh civitas akademika UNG.

Pencapaian itu kata Eduart, membuat UNG kini berada di jalur yang tepat untuk berjalan lebih cepat, berlari lebih kencang dan melompat lebih tinggi.

Ia mengungkapkan, syarat utama yang harus dipenuhi yaitu diantaranya rasio program studi yang sudah unggul, rata-rata akreditasi program studi, infrastruktur akademi dan hasil dari tridharma UNG.

Rektor menambahkan, dengan capaian itu, UNG bisa fokus untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, terutama di kawasan timur bagian utara Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo ikuti program "Sakura Science"

Baca juga: Pascasarjana UNG meluluskan 107 doktor dan magister

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023