Makassar (ANTARA) - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial dari Kemensos bersama Kitabisa.com dengan total bantuan Rp716 lebih yang penyerahannya dipusatkan di sentra Wirajaya Makassar.

"Bantuan itu adalah bantuan pengobatan yang ditujukan untuk anak-anak yang membutuhkan pengobatan yang cukup panjang, tidak bisa sekali saja," kata Risma di sela kunjungan kerjanya di Sentra Wirajaya Makassar, Rabu.

Pada kesempatan tersebut Risma memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial pada keluarga sasaran dari 4 provinsi di Sulawesi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi tengah.

Khusus bantuan pengobatan yang pasiennya hadir di Sentra Wirajaya Makassar, salah seorang diantaranya adalah Firal yang berusia 6 tahun yang mengidap penyakit leukemia. Bocah tersebut didampingi oleh Ibunya, Wa Rofi.

Baca juga: Mensos bantu penyandang disabilitas di Ende gunakan tongkat penuntun

Baca juga: Mensos Risma respons cepat 20 anak alami kekerasan di panti asuhan


Selain Firal juga terdapat tiga orang anak lainnya yang hadir untuk mendapatkan bantuan pengobatan dari Kemensos dan Kitabisa.com. Dua orang anak mengidap pembesaran kepala atau hidrosefalus dan seorang lainnya menderita tumor.

Bantuan asistensi rehabilitasi sosial yang diberikan Kemensos ini berupa bantuan rumah tidak layak huni, bantuan kewirausahaan bantuan pengobatan, bantuan rumah tahan gempa, perbaikan MCK pemenuhan kebutuhan hidup layak.

Selain itu juga untuk bantuan pendidikan, nutrisi, dan tabungan keuntungan dari sentra kreasi atensi Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar.

Khusus bantuan ATENSI di Sulsel diberikan untuk korban pelecehan seksual di Kabupaten Pinrang dan santunan ahli waris korban pelecehan seksual di Kabupaten Bone dengan total bantuan ATENSI yang diserahkan senilai Rp402 juta lebih.

Bantuan tersebut berasal dari Sentra “Nipotowe” Palu, Sentra “Meohai” Kendari, Sentra “Takalar” Makasar, Sentra “Gaumabaji” dan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makasar.

Adapun total bantuan Kitabisa.com yang diserahkan Mensos senilai Rp314 lebih.Turut hadir mendampingi Mensos diantaranya Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Pepen Nazaruddin, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Robben Rico, Staf Khusus Mensos Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit Prakoeswa.*

Baca juga: Mensos tinjau kapal bantuan Kemensos di Kabupaten Sikka

Baca juga: Kemensos pastikan berbagai program dilandasi semangat keadilan sosial

 
Menteri Sosial RI Tri Rismaharini saat 'door stop' di sela pemberian bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial dari Kemensos bersama Kitabisa.com yang penyerahannya dipusatkan di Sentra Wirajaya Makassar, Rabu (1/3/2023). Antara/Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023