pohon bambu ini harus dijaga kelestariannya
Mojokerto (ANTARA) -
Bupati Mojokerto Jawa Timur Ikfina Fahmawati meresmikan Wisata Petung Park yang bernuansa bambu di Desa Belik, Kecamatan Trawas, Mojokerto untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa setempat.
 
"Pohon bambu ini harus dijaga kelestariannya, bagaimana bambu petung tetap lestari di sini. Karena wisata ini kan ikonnya bambu petung,” tuturnya dalam kegiatan yang digabung dalam sedekah bumi tersebut, Minggu.
 
Ia mengatakan, agenda sedekah bumi merupakan kearifan lokal yang berupa memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
"Sedekah bumi ini adalah kearifan lokal, menunjukkan warga sangat kompak dan gotong royongnya luar biasa. Mudah-mudahan ketika kita bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan, mudah-mudahan dengan ini Allah SWT semakin memberikan kenikmatan yang lebih," katanya.
Selain itu, Bupati Ikfina juga menegaskan agar masyarakat turut melestarikan tumbuhan bambu jenis petung yang merupakan tanaman penyimpan air yang sangat bagus.
 
"Pohon bambu ini harus dijaga kelestariannya," tuturnya.
 
Petung Park merupakan salah satu tempat wisata yang sangat memanjakan wisatawan dengan panorama persawahan dan suasana pedesaan yang didukung dengan suasana sejuk.
 
Pemilihan nama Petung Park sangat cocok mengingat lokasi wisata yang berada di antara lahan yang ditumbuhi bambu di samping area persawahan warga. Bangunannya pun tampak alami karena terbuat dari batang-batang bambu.
 
Bupati Ikfina berharap, Petung Park dapat menjadi salah satu lokasi yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Dusun Jibru, Desa Belik.
 
"Dengan adanya Petung Park ini, telah menambah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto dan merupakan wisata yang dikelola oleh desa sebagai salah satu upaya untuk menjadikan desa mandiri," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Mojokerto perkuat wisata melalui festival kopi

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023