fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut
Tanah Bumbu (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir pantai atau rob yang berpotensi di perairan Kalimantan Selatan pada 6-14 Maret 2023.

"Hal tersebut diakibatkan karena fenomena fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir wilayah Kalimantan Selatan," kata Kepala Sub Bidang Kedaruratan Bencana pada BPBD Tanah Bumbu, Mukhtar Halim di Batulicin, Ahad.

Pasang maksimum permukaan laut berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Kotabaru dengan ketinggian maksimum mencapai 2,5 meter sekitar pukul 18.00-20.00 WITA pada 6-10 Maret 2023.

Mukhtar menyebutkan potensi ketinggian sekitar 2,7 meter terjadi pada 11-14 Maret 2023 sekitar pukul 11.00-14.00 WITA di wilayah yang terdampak pesisir perairan Kotabaru dan Tanah Bumbu.

Mukhtar mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai dampak rob yang dapat mengganggu aktifitas keseharian warga dan transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktifitas di pemukiman pesisir, serta perikanan darat.

Baca juga: BMKG: Waspadai rob berpeluang landa pesisir tujuh pulau di NTT
Baca juga: BMKG: Banjir rob di Bintan disebabkan fenomena "super new moon"

Mukhtar pun meminta masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir rob.

"Berdasarkan laporan BMKG Kalsel, peringatan dini cuaca di Kalimantan Selatan pada 5 Maret 2023 sekitar pukul 18.00 WITA berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 18.30 WITA di Kabupaten Kotabaru Pulausebuku," ucap Mukhtar.

Potensi hujan lebat pun berpotensi di Kabupaten Barito Kuala Alalak, Mandastana, Belawang, Kabupaten Tapin Tapin Selatan, Tapin Tengah, Tapin Utara, Candi Laras Selatan, Candi Laras Utara, Bakarangan, Bungur, Kabupaten Tanah Bumbu Batulicin, Kusan Hilir, Kusan Hulu dan sekitarnya.

Kemudian dapat meluas ke wilayah Kabupaten Barito Kuala Rantau Badauh, Cerbon, Bakumpai, Kuripan, Tabukan, Marabahan, Jejangkit. Kabupaten Tapin Piani, Lokpaikat. Kabupaten Hulu Sungai Selatan Sungai Raya, Padang Batung, Simpur, Daha Selatan, Kalumpang, Daha Barat, Kabupaten Tanah Bumbu Simpang Empat, Karang Bintang, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 20.00 WITA.

"Meskipun berada di wilayah bukan langganan banjir rob setiap orang harus tetap waspada dengan kemungkinan terjadi bencana," ujarnya.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi rob setinggi 2,8 meter di Kalsel

Pewarta: Imam Hanafi/sujudmariono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023