Kami menyusun tiga program utama untuk pemerintah daerah sebagai pelengkap pembiayaan pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI telah terlibat dalam pembiayaan 435 proyek infrastruktur sejak 2009 sampai 2022 dengan berbagai inovasi produk pembiayaan.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan PT SMI terlibat dalam pembiayaan infrastruktur dengan total nilai proyek sebesar Rp819,94 triliun yang menghasilkan dampak berganda atau multiplier effect sebesar 5,6 kali dari nilai total komitmen pembiayaan dan sebanyak 26,87 kali dari modal disetor.

Dengan demikian sejak berdiri pada 2009, PT SMI telah melaksanakan berbagai inovasi dan kreasi pembiayaan infrastruktur dalam rangka menjadi katalis pembiayaan pembangunan nasional melalui tiga pilar bisnis utama, yaitu pembiayaan dan investasi, jasa konsultasi, dan pengembangan proyek.

Dalam menjalankan perannya sebagai katalis pembangunan Indonesia, PT SMI juga senantiasa aktif dalam mencari alternatif sumber pendanaan seperti penerbitan obligasi hijau dan obligasi global, serta pelibatan dan kolaborasi dengan sektor swasta pada sindikasi berbagai proyek infrastruktur.

Menurut Edwin, inovasi dan inisiatif ini telah dan dapat terus mengoptimalkan leveraging terhadap aset PT SMI.

Selama pandemi COVID-19, peran PT SMI pun terasa semakin besar. Sebagai alat countercyclical pemerintah, PT SMI ikut bekerja keras untuk menanggulangi dampak perubahan situasi ekonomi di daerah yang signifikan melalui program pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah.

Adapun terdapat 92 pemerintah daerah yang telah menerima manfaat pinjaman program PEN hingga Desember 2022 dengan total komitmen sebesar Rp34,7 triliun.

PT SMI telah berpartisipasi pada pembiayaan daerah sejak 2015 melalui pengalihan aset dan peran Pusat Investasi Pemerintah sebagai lembaga pembiayaan untuk pemerintah daerah kepada PT SMI.

Dalam menjawab tantangan pembangunan ekonomi daerah yang memerlukan pemerataan akses antar daerah terhadap infrastruktur sesuai karakteristiknya, ia mengungkapkan saat ini PT SMI sedang disiapkan untuk bertransformasi menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Nasional.

Untuk menunjang proses transformasi tersebut, salah satu inisiatif yang akan dibentuk oleh PT SMI pada tahun ini adalah peluncuran SMI Institute. Terdapat tiga program utama yang akan menjadi fokus SMI Institute, yaitu program (research and fellowship), capacity building and training, serta knowledge sharing.

“Kami menyusun tiga program utama untuk pemerintah daerah sebagai pelengkap pembiayaan pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan” ucap dia.

Baca juga: Sri Mulyani harap PT SMI beri dukungan pembangunan bagi pemda

Baca juga: PT SMI sediakan skema pembiayaan dan investasi dukung transisi energi

Baca juga: PLN dan SMI susun rencana investasi percepat transisi batu bara ke EBT

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023