Perjanjian ini juga akan memperkuat hubungan dan kerja sama antar kedua belah pihak
Jakarta (ANTARA) - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menjalin kerja sama terkait penerbitan bank garansi.

“Perjanjian ini juga akan memperkuat hubungan dan kerja sama antar kedua belah pihak, khususnya dalam ruang lingkup penerbitan bank garansi yang ditujukan kepada nasabah atau debitur PT SMI yang eligible,” kata Direktur Operasional dan Keuangan PT SMI Darwin Tisna Djajawinata dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dalam bidang pembiayaan dan investasi, PT SMI menyediakan berbagai produk dan layanan untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur. Salah satunya yaitu fasilitas pembiayaan non-cash melalui kerja sama dengan lembaga penerbit fasilitas pembiayaan non-cash.

Fasilitas tersebut diberikan kepada nasabah atau debitur untuk mengakomodasi kebutuhan pembiayaan proyek infrastruktur yang bersifat non-cash.

Dalam konteks itu, Perseroan bekerjasama dengan perbankan atau lembaga keuangan yang akan bertindak sebagai penerbit (issuer) instrumen pembiayaan non-cash, di antaranya dalam bentuk penerbitan bank garansi.

Sementara itu, LPEI berperan dalam memberikan penjaminan dengan skema kontra garansi dalam rangka mendukung pelaku usaha Indonesia melaksanakan proyek infrastruktur yang menunjang kegiatan ekspor.

LPEI merupakan lembaga keuangan dengan souvereign status yang memiliki mandat untuk mendorong ekspor nasional melalui pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi.

Dengan demikian, kerja sama keduanya diharapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan Indonesia semakin percaya diri melakukan ekspansi ke pasar luar negeri.

“Kerja sama ini memperkuat komitmen kami dalam mendorong perusahaan-perusahaan infrastruktur Indonesia untuk melakukan ekspansi ke pasar global baik dari segi dukungan pembiayaan maupun penjaminan, salah satunya dalam bentuk bank garansi,” jelas Direktur Pelaksana Bidang Pengembangan Bisnis LPEI Maqin U. Norhadi.

Perjanjian Kerja Sama dilangsungkan di kantor PT SMI, Gedung Sudirman Sahid Center, Jakarta, Rabu (2/8).

Baca juga: SMI bekerja sama dengan IsDB untuk percepat pembangunan Indonesia
Baca juga: Menkeu tunjuk Hadiyanto sebagai Komisaris Utama PT SMI


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023