Magelang (ANTARA) - Gubernur Akademi Militer Mayor Jenderal TNI Legowo W.R. Jatmiko mengatakan Pramuka Yudha merupakan salah satu latihan yang digunakan sebagai metode evaluasi dalam mengukur tingkat kemampuan taruna.

"Khususnya pengetahuan dan keterampilan di bidang jasmani, pengetahuan militer dasar dan materi taktik yang telah diberikan," kata Gubernur Akmil di Magelang, Selasa.

Ia menyampaikan hal tersebut saat memimpin acara Laporan Kesiapan Latihan Pramuka Yudha bagi taruna Akmil tingkat II/Sertar TP 2022/2023 di Lapangan Mako Mentar Akmil.

Latihan Pramuka Yudha bagi Taruna Akmil tingkat II/Sertar akan dilaksanakan pada 13-20 Maret 2023 di wilayah Kabupaten Temanggung, Semarang, Kendal, dan Batang

"Latihan ini dilaksanakan secara sistem blok dengan mekanisme yang telah ditentukan sehingga dapat memberikan gambaran secara utuh kepada taruna tentang aplikasi kemampuan jasmani, teknik dan taktik bertempur secara perorangan dan dalam hubungan regu," katanya.

Ia menjelaskan latihan Pramuka Yudha bertujuan menguji dan menilai kemampuan serta keterampilan taruna Akmil tingkat II/Sertar dalam mengaplikasikan materi jasmani, pengetahuan militer dasar dan materi taktik yang telah diberikan melalui pelaksanaan latihan yang diselenggarakan secara berangkai.

Guna mencapai tujuan latihan tersebut, Legowo mengharapkan agar keterampilan yang telah dimiliki tentang taktik dan teknik bertempur, hendaknya dapat para taruna praktikkan sesuai sasaran yang diinginkan sehingga latihan Pramuka Yudha ini dapat dijadikan referensi bagi para taruna saat melaksanakan tugas di lapangan sebagai seorang perwira nantinya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023