Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, menargetkan menciptakan 3.110 wirausaha baru pada tahun 2023 ini.

"Penciptaan wirausaha baru dengan membuat berbagai program pelatihan kewirausahaan," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) Kota Kediri, Bambang Priyambodo di Kediri, Rabu. 

Program pelatihan dengan target peserta 3.110 beragam model, yang intinya  peningkatan keterampilan.

"Total usulan peserta 2023 ini adalah 3.110 orang, dari 46 kelurahan. Tahun 2023 ini, kami siapkan 23 jenis pelatihan keterampilan ke warga Kota Kediri," kata dia.

Pihaknya optimistis program tersebut bermanfaat dan menjadi bekal mereka menjadi wirausaha baru.

Pemerintah akan memfasilitasi berupa sertifikat halal, sertifikasi hak kekayaan intelektual, dan beberapa layanan dan memberikan fasilitas bantuan modal kepada wirausaha baru yang dikelola Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri.

Pada 2022 lalu, sebanyak 2.900 peserta dengan 37 jenis pelatihan, dan tidak sedikit diantaranya sekarang sudah merintis usaha sendiri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar menambahkan pihaknya  berkolaborasi dengan dinas untuk program-program pelatihan.

Pihaknya mendukung penuh program yang dibuat untuk menciptakan wirausaha baru tersebut, apalagi  sejalan dengan program pemerintah pusat.

"Saya rasa program ini sejalan dengan pemerintah pusat, tinggal aplikasinya," kata Bunda Fey, sapaan akrabnya.

Ia mengatakan beberapa pelatihan juga digelar dekranasda seperti pelatihan kuliner, kriya dan kolaborasi dengan dinas terkait.

Peresmian program pelatihan keterampilan dan kewirausahaan itu  digelar di IKCC Kota Kediri, Selasa (7/3/2023) malam turut dihadiri Sekda Kota Kediri, Ketua Dekranasda Kota Kediri, kepala OPD Kota Kediri, seluruh peserta pelatihan di 2022, calon peserta pelatihan di 2023, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023