Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mendorong generasi muda, termasuk mahasiswa untuk ikut mewujudkan kesetaraan gender.

"Kita berharap dapat membangkitkan semua komponen bangsa, khususnya generasi muda, termasuk mahasiswa untuk mampu mewujudkan kesetaraan gender, mendorong kepemimpinan perempuan di berbagai sektor," kata Staf Ahli Menteri PPPA Bidang Penanggulangan Kemiskinan Titi Eko Rahayu di Jakarta, Rabu.

Titi membacakan pidato Menteri Bintang Puspayoga dalam Seminar International Women's Day bertajuk "Bersama Lindungi Perempuan, Wujudkan Kesetaraan Gender" mengatakan generasi muda juga didorong melindungi perempuan dari segala bentuk kekerasan di lingkungan sekitar, termasuk lingkungan kampus.

Hari Perempuan Internasional (IWD) diperingati untuk memberi pengakuan terhadap prestasi perempuan di seluruh dunia dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, politik, serta untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesetaraan gender.

Baca juga: DAMRI operasikan bus pink pada momentum Hari Perempuan Internasional

Baca juga: Dubes Kanada: Pemberdayaan perempuan bantu masyarakat capai potensi


Titi mengatakan untuk mewujudkan kesetaraan gender, kesempatan atau peluang yang sama tidak lagi cukup saat ini.

Lebih dari itu, perempuan membutuhkan dukungan global yang secara aktif mempromosikan mereka di seluruh aspek kehidupan, seperti pendidikan, kesempatan kerja, kesehatan, dan kepemimpinan.

"Tema kampanye IWD 2023 adalah Embrace Equity atau Dekapan Keadilan, maksudnya agar mata dunia menjadi terbuka bahwa kesempatan yang sama saja tidak lagi mencukupi untuk mewujudkan kesetaraan gender," kata Titi Eko Rahayu.

Dunia juga diharapkan mendukung penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, diskriminasi, stereotipe, subordinasi, dan beban ganda, tambahnya.*

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Komnas dorong aturan pelaksana UU TPKS

Baca juga: Jelang Hari Perempuan, Komnas Perempuan dorong RUU PPRT disahkan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023