Kami terus meningkatkan standar penilaian dari tahun ke tahun termasuk melibatkan juri eksternal yang ahli di bidangnya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN memacu BUMN mengadu kompetensi dalam bidang komunikasi dan keberlanjutan di ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023.

"BCOMSS kali ini memasuki tahun ke-3 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan kami terus meningkatkan standar penilaian dari tahun ke tahun termasuk melibatkan juri eksternal yang ahli di bidangnya sehingga penilaian independen dan kredibel," ujar Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 493 submission dilakukan oleh 60 korporasi BUMN yang berlomba memperebutkan 24 nominasi juara di antaranya 12 di bidang komunikasi dan dan 12 di bidang keberlanjutan.
 
Arya mengatakan bahwa kegiatan BCOMSS merupakan apresiasi dari Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN, sehingga menjadi standar dan benchmark relevan bagi seluruh BUMN termasuk anak perusahaannya.

Nominasi yang diperebutkan untuk ajang apresiasi kepada insan komunikasi dan
keberlanjutan terbagi dalam dua bidang utama yakni Corporate Communications dan
Sustainability Program.

Adapun kategori dalam bidang Corporate Communications adalah Social Media Campaign, Media Relations Management, Internal Communications Implementation, Best Social Media Ranger (SMR) Individu & Perusahaan, Best Exposure of the Year, Best Keterbukaan Informasi Publik, Stakeholder Relations Management, Corporate Secretary of The Year, Corporate Communications of The Year, Favorite Corporate Communication of The Year, dan Best Content Creator.

Sementara itu, kategori untuk Sustainability Program adalah SME Development, Community Involvement and Development (CID) bidang Pendidikan, CID bidang Kesehatan, CID bidang Lingkungan, Creating Shared Values, TJSL of The Year, BUMN Local Heroes, Best Millenials TJSL, Best BUMN TJSL, Satgas Bencana BUMN, Fasilitator Rumah BUMN of The Year, dan
Rumah BUMN of The Year.

Adapun juri-juri eksternal yang dilibatkan antara lain untuk kategori Komunikasi adalah Maudy Ayunda (akademisi & artis) dan Reisa Brotoasmoro (praktisi komunikasi), sedangkan kategori Keberlanjutan oleh Andy F Noya (jurnalis senior) dan Juniati Gunawan (Direktur CECT Trisakti).

Sementara itu, juri internal dari Kementerian BUMN termasuk penilaian dari Menteri BUMN.

Menteri BUMN Erick Thohir terus berupaya BUMN senantiasa berkinerja positif untuk memenuhi tantangan di era digitalisasi khususnya dalam pengelolaan komunikasi dan TJSL.

Baca juga: Erick Thohir targetkan 25 persen pemimpin perempuan di BUMN pada 2023
Baca juga: Erick Thohir dorong kontribusi pegawai BUMN melalui program relawan Bakti BUMN
Baca juga: Erick: Kelanggengan transformasi BUMN strategi kebangkitan Indonesia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023