Jakarta (ANTARA) - Pameran foto jurnalistik yang menampilkan puluhan karya para pemenang Kontes Foto Jurnalistik Internasional Andrei Stenin 2022 dari berbagai negara, digelar di Jakarta, mulai Senin ini.

Pameran yang diinisiasi Kantor Berita Rusia Rossiya Segodnya bekerja sama dengan Kedutaan Rusia untuk Indonesia ini, digelar 13-17 Maret 2023 di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta, serta terbuka dan gratis untuk umum.

Pameran menampilkan puluhan karya para pewarta foto dunia antara lain dari Rusia, Bangladesh, Guatemala, Iran, Filipina, China dan lain-lain.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova dalam sambutannya di acara pembukaan pameran menyampaikan pameran foto tersebut merupakan kaleidoskop karya seni dari pewarta foto seluruh dunia, yang mampu menarik perhatian publik di tengah tantangan jurnalisme foto saat ini.

Baca juga: Sandiaga apresiasi pameran Rwa Bhineda sebagai bagian ekonomi kreatif

Baca juga: Wali Kota apresiasi pameran foto jurnalistik Manunggal Negeri di Aceh


Menurutnya, pameran diselenggarakan untuk pertama kalinya di Jakarta, juga sekaligus untuk memperingati hubungan baik Rusia dengan Indonesia yang telah berjalan puluhan tahun.

"Pameran juga diselenggarakan dalam rangka kegiatan memperingati 73 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dan Indonesia yang diperingati pada tanggal 3 Februari," kata Lyudmila di Jakarta, Senin.

Sementara Presiden Direktur Media Group Don Bosco Selamun selaku salah satu perwakilan media mitra, dalam sambutannya mengatakan materi visual, termasuk fotografi masih mendapatkan respon sangat kuat di masyarakat.

Menurutnya, gambar seringkali dapat berbicara lebih luas daripada kata-kata.

"Materi visual mendapatkan respon yang sangat kuat, masih menjadi tren dan akan menjadi tren di masa mendatang. Dan pameran ini sangat penting untuk menyatukan kita," ujar Don Bosco.

Pameran akan diisi pertemuan dengan pemenang Stenin Contest 2021 asal Indonesia Joshua Irwandi, yang menampilkan foto tunggalnya berjudul "The Human Cost of COVID-19”.

Foto karya Joshua menampilkan sebuah prasasti visual yang mengharukan bagi semua korban pandemi virus Corona, dan dianugerahi Penghargaan Fotografi Kemanusiaan oleh Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

Selama pameran berlangsung di Jakarta, pakar Stenin Contest juga akan mengadakan workshop bagi para fotografer lokal.

Kontes Foto Jurnalistik Internasional Andrei Stenin, yang sudah berlangsung sejak 2014, diselenggarakan untuk menghormati mendiang pewarta foto asal Rusia itu yang meninggal dengan luka tembak saat bertugas di wilayah perang di Ukraina tahun 2014.

Kontes foto Andrei Stenin ini diselenggarakan oleh Kantor Berita Rusia Rossiya Segodnya di bawah perlindungan Komisi Federasi Rusia untuk UNESCO, bertujuan untuk mendukung fotografer muda dan menarik perhatian publik terhadap tantangan jurnalisme foto saat ini.

Sebelumnya pameran foto pemenang Kontes Foto Pers Internasional Andrei Stenin 2022 sudah digelar antara lain di Pretoria (Afrika Selatan), Sharjah (UEA), New Delhi (India), Envigado (Kolombia) dan Kinshasa (Kongo).*

Baca juga: Foto-foto pemenang The World Press Photo dipamerkan di Jakarta

Baca juga: Foto jurnalistik "Tabuik Pariaman" dipamerkan di Hamburg

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023