Target saya adalah bisa kembali balapan ke Assen dengan sebugar mungkin
Jakarta (ANTARA) - Pebalap Tim Bonovo Action BMW Loris Baz berharap bisa segera pulih dari cedera patah tulangnya dan melanjutkan kompetisi World Superbike (WSBK) putaran ketiga di Sirkuit TT Assen Belanda, pada 21 hingga 23 April.

Dikutip melalui keterangan resmi WSBK, Selasa, Baz menargetkan waktu pemulihannya sekitar empat hingga lima minggu, sehingga ia dapat bertolak ke Belanda.

"Saya tidak tahu persis soal waktu pemulihannya, tapi target saya adalah bisa kembali balapan ke Assen dengan sebugar mungkin," kata Baz.

Sebelumnya, pebalap Prancis itu mengalami patah tulang pada kaki kanan dan pergelangan kakinya setelah insiden bentrok (crash) dengan Alex Lowes (Kawasaki Racing) pada sesi Superpole Race WSBK putaran kedua di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (5/3).

Soal insiden itu, Baz menceritakan dirinya sudah merasakan ada yang tidak beres dengan kakinya, mengingat benturan yang terjadi sangat keras. Namun, ia mengatakan tim medis saat itu sudah melakukan pertolongan pertama yang baik, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pemindaian dengan x-ray.

Lebih lanjut, Baz mengatakan ada patah tulang fibula dekat lututnya. Ia dan tim lalu memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan menjalani operasi di sana.

Baca juga: Loriz Baz alami patah tulang usai crash dengan Lowes di WSBK Mandalika

"Jika saya bergerak, saya bisa merasakan fibula saya bergerak dan retak. Tapi jika saya tidak bergerak, maka saya tidak merasakan sakit. Setelah operasi, saya merasa sangat sakit karena operasi pada ligamen lebih parah daripada tulang lainnya," kenang dia.

Di sisi lain, Baz mengaku optimistis dengan target dan kinerja tim BMW untuk balapan mendatang di Assen. Menurutnya, tim sudah menunjukkan kemajuan yang baik dari balapan pertama di Australia, dan kedua di Indonesia.

"Semua orang di BMW dan tim bekerja sangat keras dan tidak ada yang menyerah. Saya merasakan peningkatan dan kami telah membuat langkah, tetapi kami belum melakukan langkah yang cukup besar. Tapi saya sangat percaya dengan proyek ini," ujar Baz.

Saat ini, ia akan menjalani pemulihan dengan istirahat total selama dua minggu, sebelum kemudian bakal memulai fisioterapi dan rehabilitasi.

"Mudah-mudahan saya bisa kembali ke Assen, karena saya pikir ini bisa menjadi trek yang bagus untuk kami, jadi, kita lihat saja nanti," kata Baz.

Baca juga: Locatelli: Tahun 2023 adalah musim yang kuat untuk saya
Baca juga: Jonathan Rea ungkap kesulitan taklukkan WSBK Mandalika

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023