teknologi ini sangat efektif dan efisien
Mojokerto (ANTARA) -
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meresmikan rumah kaca pintar atau Smart Green House (SGH) sebuah tempat aplikasi digital farming di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH), Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Rabu.
 
"Memang ke depan mau tidak mau kita harus mengaplikasikan digital farming, di sisi yang lain masalah pertanian organik juga merupakan satu hal yang menjadi suatu keharusan," katanya.
 
Ia mengatakan, program SGH yang diinisiasi oleh Yayasan Lingkungan Hidup Seloliman (YLHS) dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto itu, merupakan salah satu rumah kaca pintar yang berbasis teknologi smart farming serta dapat dikendalikan dari jarak jauh.
 
Selain itu, lanjut dia, kelebihan dari SGH itu sendiri dapat memberikan informasi yang sistematis terkait suhu, kelembaban, irigasi pada tumbuhan yang ditanam di SHG, serta dapat mengatur nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman baik dari segi dosis maupun waktu.
 
Bupati Ikfina juga berkesempatan meninjau langsung serta mengoperasikan teknologi SGH dengan berbagai fitur seperti modul centre desire yang berfungsi sebagai bagian utama dari automasi SGH.

Baca juga: Kominfo dorong koperasi pangan adaptif dengan transformasi digital
 
Lebih lanjut, terdapat pula cooling system yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan, serta terdapat side vent yang berfungsi untuk mengoptimalkan suhu ruangan dan menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan.
 
Ia sangat mengapresiasi, SGH sebagai wujud dalam mengembangkan teknologi pada sektor pertanian.
 
"SGH yang berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, dapat menjadi salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan yang lebih sehat untuk masyarakat," ucapnya.
 
Selain berbasis pada IT, SGH yang memiliki berbagai manfaat seperti sistem tanam (budidaya) dapat stabil, dapat menjaga kualitas produk, mengurangi tenaga kerja, meningkatkan pendapatan, serta tidak mengenal musim.
 
Bupati Ikfina menilai, ini sangat bermanfaat bagi para petani yang tidak memiliki lahan pertanian yang luas serta dapat dilakukan dengan satu orang saja.
 
"Ke depannya usaha pertanian dapat disambi dengan lainnya, ini cocok sekali," katanya.

Baca juga: BI Gorontalo latih petani implementasikan "digital farming"
Baca juga: BI Lampung fasilitasi digitalisasi UMKM pertanian
 
Ia berharap, SGH di PPLH Desa Seloliman dapat menjadi percontohan dan pembelajaran digital farming bagi masyarakat.
 
"Mudah-mudahan PPLH Desa Seloliman bisa merawat dan menjadi pusat pembelajaran digital farming dengan tanaman-tanamannya," ujarnya.
 
Direktur YLHS, Suroso menjelaskan, SGH yang berbasis pada teknologi digital dapat menjadi daya tarik para anak muda untuk menekuni dunia pertanian, karena permasalahan terkait biaya yang besar pada perawatan dan pengairan dapat diantisipasi dengan mengendalikan produksi pertanian dari jarak yang jauh atau di rumah.
 
"SGH ini dengan teknologi terbarukan sangat efektif dan efisien untuk menjawab permasalahan kaum millenial untuk tertarik di sektor pertanian yang notabene pertanian kotor tetapi dengan pendekatan teknologi ini akan menjadi jawabannya, artinya teknologi ini sangat efektif dan efisien," tuturnya.
 
Pada pelaksanaan peresmian SGH, juga turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah, Direktur YLHS Suroso, dan Forkopimca Trawas.

Baca juga: Pertanian Smart Green House, meningkatkan produksi dan gaet milenial

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023