Terima kasih kepada seluruh insan Pupuk Indonesia atas kerja kerasnya.
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) dan empat anak usahanya berhasil memborong penghargaan bergengsi Anugerah BUMN 2023.

"Terima kasih kepada seluruh insan Pupuk Indonesia atas kerja kerasnya, sehingga memberikan dampak yang nyata bagi perusahaan, masyarakat dan negara," ujar SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Indonesia Wijaya Laksana dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Wijaya mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan publik kepada Pupuk Indonesia, karena dinilai mampu mengelola strategi ke sepuluh anak perusahaannya, sehingga bekerja secara efektif, efisien, delivery result, sekaligus berkiprah di pasar global. Ini adalah bukti jika program transformasi bisnis yang dijalankan Pupuk Indonesia bersama dengan anggota holding memberikan dampak yang positif.

Dalam Anugerah BUMN 2023 tersebut, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman dinobatkan sebagai The Best CEO BUMN kategori "CEO Strategic Orientation".

Selain itu, Pupuk Indonesia juga dipilih menjadi perusahaan BUMN dengan kategori Inovasi Bisnis dan kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG) terbaik.

Wijaya menyebutkan bahwa perusahaan akan terus melahirkan inovasi atau terobosan baru sesuai dengan tuntutan bisnis terkini maupun di masa akan datang. Inovasi bagi Pupuk Indonesia Grup merupakan keniscayaan untuk memberikan nilai tambah bagi proses bisnis.

“Saat ini, selain memperkuat industri pupuk nasional dan ketahanan pangan, Pupuk Indonesia juga tengah mendukung pengembangan industri hijau,” katanya.

Strategi inovatif ini, kata Wijaya, diperkuat juga dengan penerapan Good Corporate Governance (GCG) oleh seluruh insan di Pupuk Indonesia Grup, sehingga dampak positif yang dihasilkan perusahaan dapat dilaksanakan dan dicapai sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Tiga penghargaan ini juga dilengkapi dengan penghargaan dari anak perusahaan di ajang yang sama. Antara lain, CEO Driving Execution yang diraih oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) yang menunjukkan keberhasilan dari sisi benchmark dan kinerja finansial, sekaligus mengantarkan PKT meraih global corporate performance dan global cost leader terbaik keempat di dunia.

Selanjutnya, CEO Digital Transformation Excellent diperoleh PT Pupuk Kujang Cikampek.

Kemudian Kategori Shifting Products Excellent diraih PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Petrokimia Gresik yang meraih Innovative Leader.

Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 sekaligus Menteri BUMN pertama Tanri Abeng mengatakan, pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari peningkatan kinerja perusahaan, namun juga dikaitkan dengan kepemimpinan yang mumpuni dalam mengelola strategi bisnis di era transisi endemi. Kategori yang ditetapkan adalah CEO Visioner, Strategic Orientation, Driving Execution, dan Talent Development.

Menurut Tanri Abeng, para pemenang CEO BUMN Terbaik dalam ajang Anugerah BUMN berpeluang masuk ke jajaran kursi kabinet, seperti yang terpilih menjadi menteri ataupun kepala badan publik oleh Presiden Joko Widodo dalam beberapa tahun terakhir.
Baca juga: Pupuk Indonesia siap bangun pabrik baru urea di dua lokasi
Baca juga: Pupuk Indonesia penuhi pupuk petani dengan tingkatkan kapasitas gudang

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023