PLN terus tingkatkan kolaborasi bersama BPN dalam proses penerbitan sertifikasi aset tanah.
Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) melakukan kolaborasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sulawesi Utara (Sulut) siap mengamankan aset negara.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah , dan Gorontalo (UID Suluttenggo) Ari J A Dartomo, di Manado, Jumat, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus menjaga aset negara yang dikelola oleh PLN.

"Sehingga PLN terus tingkatkan kolaborasi bersama BPN dalam proses penerbitan sertifikasi aset tanah,” ujar Dartomo.

Pada tahun 2022, PLN telah menerima sebanyak 13 sertifikat baru dan dua sertifikat perpanjangan dari BPN yang tersebar di wilayah kerja Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Aset tanah tersebut, katanya lagi, digunakan PLN untuk menunjang infrastruktur tenaga listrik bagi kepentingan seluruh masyarakat pelanggan.

Dartomo juga mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja sama dengan BPN dan instansi lainnya yang terkait dalam menuntaskan penataan aset tanah.

"Seluruh pencapaian tersebut merupakan hasil nyata dari sinergi dan kolaborasi antarinstansi PLN dan BPN serta instansi lainnya yang terlibat," ujar Dartomo.

Program penyelesaian sertifikasi aset tanah PLN masih berlanjut sesuai arahan Direktur Utama PLN, pada tahun 2023 PLN UID Suluttenggo ditargetkan untuk menyelesaikan 15 sertifikat tanah yang terdiri dari 13 sertifikat penerbitan baru dan dua sertifikat perpanjangan.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Utara Lutfi Zakaria mengatakan pihaknya siap mendukung langkah PLN dalam mempercepat sertifikasi tanah.

Dengan tersertifikasi aset-aset tanah PLN, dapat membantu BPN untuk mensertifikatkan semua bidang tanah secara sistematis di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya.

"BPN siap melaksanakan sertifikasi tanah PLN, kami siap untuk terus bangun sinergi dalam mendukung berbagai program yang tepat dan sesuai dengan ketentuan," ujar Luthfi.

PLN terus mengakselerasi sertifikasi tanah aset-aset ketenagalistrikan di seluruh wilayah guna memenuhi tata tertib hukum dan memenuhi aspek legalitas dalam memberikan pelayanan prima, serta menciptakan rasa nyaman masyarakat pelanggan dalam memanfaatkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

Sinergi PLN dengan seluruh stakeholder menjadi komitmen dalam meningkatkan keandalan listrik di Indonesia agar dapat 'Menjadi Perusahaan Listrik Terkemuka se-Asia Tenggara dan Nomor 1 Pilihan Pelanggan untuk Solusi Energi.'

Untuk kemudahan layanan listrik dimana saja dan kapan saja, pelanggan dapat mengakses layanan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile.
Baca juga: Gubernur mengapresiasi upaya PLN pulihkan sistem kelistrikan Sulutgo
Baca juga: PLN Suluttenggo siapkan 2.451 personel amankan listrik saat Natal


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023