memastikan simpanan orang Amerika aman. Tentu saja, kami akan siap untuk mengambil tindakan tambahan jika diperlukan.
Washington (ANTARA) - Menteri Keuangan AS Janet Yellen berusaha meyakinkan investor yang gelisah bahwa simpanan bank Amerika aman dan berjanji pembuat kebijakan memiliki lebih banyak senjata untuk memerangi krisis apa pun bahkan ketika saham bank melanjutkan penurunannya pada Kamis (23/3/2023).

Investor telah membuang saham perbankan secara global selama dua minggu terakhir, dengan kenaikan suku bunga yang cepat untuk mengendalikan inflasi dituding oleh beberapa orang sebagai akar penyebab bencana tersebut. Saham bank AS turun lagi pada Kamis (23/3/2023), mendorong indeks bank S&P 500 turun ke penutupan terendah sejak November 2020.

Runtuhnya bank pemberi pinjaman AS Silicon Valley Bank (SVB) karena kerugian obligasi yang terkait dengan lonjakan suku bunga adalah pemicu awal gejolak, dan analis JPMorgan Chase & Co memperkirakan bank-bank AS yang "paling rentan" kemungkinan kehilangan total sekitar 1 triliun dolar AS simpanan sejak tahun lalu. Setengah dari arus keluar terjadi pada Maret setelah runtuhnya SVB, kata mereka.

Baca juga: Yellen: AS siap terus ambil tindakan jaga simpanan bank tetap aman

Para pembuat kebijakan menekankan gejolak ini berbeda dari krisis keuangan 15 tahun lalu, dan Yellen mengulangi bahwa dia siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut untuk melindungi simpanan bank jika diperlukan - salah satu masalah yang dikhawatirkan investor.

"Seperti yang telah saya katakan, kami telah menggunakan alat penting untuk bertindak cepat untuk mencegah penularan. Dan itu adalah alat yang dapat kami gunakan lagi," kata Yellen dalam sambutan yang telah disiapkan untuk sidang subkomite Alokasi Dewan Perwakilan AS.

"Tindakan tegas yang telah kami ambil memastikan simpanan orang Amerika aman. Tentu saja, kami akan siap untuk mengambil tindakan tambahan jika diperlukan."

Di Eropa, bank sentral Inggris (BoE) menjadi bank sentral terbaru yang menaikkan suku bunga minggu ini. Setelah kenaikan kesebelas berturut-turut, BoE mengatakan telah mencatat "pergerakan besar dan fluktuatif" di pasar keuangan, tetapi sistem perbankan Inggris tetap tangguh.

"Kami telah belajar banyak pelajaran dari krisis keuangan. Tentu saja, kami terus belajar, tetapi saya yakin bank-bank di (Inggris) berada dalam posisi yang jauh lebih kuat," kata Gubernur BoE Andrew Bailey kepada lembaga penyiaran.

Baca juga: Wall St ditutup menguat setelah Yellen janji lindungi simpanan bank

Sementara beberapa kepanikan atas nasib bank telah mereda, investor kini menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi dan pinjaman yang lebih menantang di masa depan.

Indeks bank-bank top Eropa turun 2,5 persen, dengan raksasa perbankan Jerman Deutsche Bank dan Commerzbank masing-masing jatuh 3,2 persen dan 4,1 persen. HSBC yang berkantor pusat di London turun 2,9 persen.

Saham perbankan AS awalnya naik pada Kamis (23/3/2023_ dengan para pedagang mengutip petunjuk Fed yang dapat segera menghentikan kenaikan lebih lanjut dalam biaya pinjaman sebagai sumber bantuan, tetapi kemudian berbalik negatif.

Pemberi pinjaman regional AS yang bermasalah First Republic Bank, yang merupakan salah satu bank yang berbicara dengan rekan dan perusahaan investasi tentang kesepakatan potensial, ditutup turun 6,0 persen. Sekitar 90 persen dari nilai pasar saham bank telah menguap bulan ini, menyisakan kapitalisasi pasar lebih dari 2 miliar dolar AS.

"Terlepas dari upaya kuat untuk melindungi, khususnya First Republic, krisis terus berlanjut dan investor bertanya-tanya apa yang tidak saya lihat," kata Rick Meckler, partner di Cherry Lane Investments di New Vernon, New Jersey.

Baca juga: Powell sebut simpanan perbankan AS telah stabil minggu lalu

Bank-bank AS lainnya di bawah sorotan setelah kematian SVB dan Signature Bank menambah kerugian baru-baru ini. PacWest Bancorp, Comerica dan Zion Bancorp masing-masing anjlok lebih dari 8,0 persen. Truist Securities memangkas target harganya pada bank regional termasuk Zions dan Comerica, memperingatkan pertumbuhan yang lebih lambat dan biaya kredit yang lebih tinggi.

Indeks bank S&P 500, yang ditutup turun 1,2 persen, kini telah jatuh lebih dari 40 persen dari rekor tertinggi pada Februari 2022.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023